Kompas.com - 18/08/2021, 12:10 WIB
Orang-orang berkumpul di sekitar bendera Taliban saat mereka menunggu kerabat dibebaskan dari penjara di Afghanistan menyusul 'amnesti' oleh Taliban, dekat titik perbatasan Pakistan-Afghanistan di Chaman pada 17 Agustus 2021. AFPOrang-orang berkumpul di sekitar bendera Taliban saat mereka menunggu kerabat dibebaskan dari penjara di Afghanistan menyusul 'amnesti' oleh Taliban, dekat titik perbatasan Pakistan-Afghanistan di Chaman pada 17 Agustus 2021.

KOMPAS.com - Kabar soal kelompok militan Taliban yang kini menguasai Afganistan mengguncang dunia dan menjadi pemberitaan di mana-mana.

Nasib jutaan penduduk negara itu dipertanyakan beserta sejumlah kecemasan lain yang muncul. Media sosial juga diramaikan isu ini termasuk sejumlah potret terbaru di negara tersebut.

Salah satu yang viral ialah foto ratusan warga Afganistan yang rela duduk berdesak-desakan di pesawat demi keluar dari negara itu.

Selain itu, ribuan masyarakat lainnya berkumpul di bandara, menandai eksodus yang dilakukan untuk menghindarkan diri dari kekuasaan Taliban.

Pemberitaan soal Taliban yang viral ini mungkin sedikit membingungkan bagi sebagian dari kita. Khususnya yang tidak begitu mengikuti isu global yang berkaitan dengan negara lainnya.

Baca juga: Sederet Janji Taliban: Hormati Hak Perempuan hingga Takkan Jadi Sarang Teroris

Diantara banyak kelompok militan dan isu lain di dunia, apa yang menyebabkan persoalaan Afganistan menjadi hal yang amat penting secara global?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut adalah tiga hal yang menjadi alasannya:

  • Bakal menjadi masalah HAM dunia

Taliban memiliki reputasi buruk karena praktik kebrutalan dan kekerasan sebelum digulingkan oleh Amerika Serikat pada 2001 lalu.

Kelompok ini menolak hak pendidikan bagi wanita, melakukan eksekusi publik bagi lawan politiknya, menganiaya minoritas dan menghancurkan peninggalan budaya yang tak ternilai harganya.

Kali ini, kelompok ini diperkirakan akan melakukan hal serupa sehingga menciptakan kesengsaraan bagi penduduk Afganistan.

Baca juga: Facebook dan TikTok Blokir Konten Terkait Taliban

Halaman:


Sumber NRP
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.