Kompas.com - 18/08/2021, 16:20 WIB

KOMPAS.com – Meski masih banyak pro kontra, nyatanya sterilisasi pada hewan peliharaan bisa memberi banyak manfaat bagi kucing dan anjing kesayangan kita.

Mulai dari hewan lebih sehat, mencegah overpopulasi, mengurangi sifat agresif, mencegah spraying, hingga mengurangi keinginan mereka untuk berkeliaran.

Kendati demikian, ada satu penghalang besar bagi para pemilik hewan peliharaan untuk melakukan sterilisasi pada teman berbulu kesayangannya: dana.

Ya, sterilisasi memang memiliki biaya yang tidak murah. Bagi kucing misalnya, harga sterilisasi tersedia dari harga 300 ribu hingga satu juta rupiah.

Cukup mahal memang, apalagi jika hewan yang kita pelihara tidak hanya satu ekor saja.

Baca juga: Mitos atau Fakta: Sterilisasi Kucing Bikin Gemuk?

Kabar baiknya, terkadang ada program sterilisasi gratis yang biasanya dilakukan oleh Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di berbagai daerah atau komunitas pecinta hewan peliharaan, baik itu kucing atau anjing.

Contohnya, program sterilisasi gratis yang digelar Dispernakan Kabupaten Bandung Barat baru-baru ini.

Program yang dibuka setiap Selasa dan Jumat selama bulan Agustus hingga September tersebut dibuka untuk 100 ekor kucing jantan domestik yang memenuhi syarat.

Sebelumnya, Pawsitive Animal Clinic juga mengadakan program serupa. Hanya saja, program ini berlaku khusus bagi kucing dan anjing liar terlantar dengan ras domestik dan sehat.

Baca juga: Manfaat Sterilisasi Pada Hewan Peliharaan, Bukan Tindakan Menyakitkan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Coconut Bunny (@arie.aris.92)

Lalu, Sahabat Kucing Jogja juga diketahui membuka donasi berupa pakan atau uang yang akan disalurkan untuk kebutuhan kucing, termasuk membantu biaya steril kucing.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.