Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Cari Tahu Tempat Sterilisasi Kucing Secara Gratis

Kompas.com - 18/08/2021, 16:20 WIB
Anya Dellanita,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Meski masih banyak pro kontra, nyatanya sterilisasi pada hewan peliharaan bisa memberi banyak manfaat bagi kucing dan anjing kesayangan kita.

Mulai dari hewan lebih sehat, mencegah overpopulasi, mengurangi sifat agresif, mencegah spraying, hingga mengurangi keinginan mereka untuk berkeliaran.

Kendati demikian, ada satu penghalang besar bagi para pemilik hewan peliharaan untuk melakukan sterilisasi pada teman berbulu kesayangannya: dana.

Ya, sterilisasi memang memiliki biaya yang tidak murah. Bagi kucing misalnya, harga sterilisasi tersedia dari harga 300 ribu hingga satu juta rupiah.

Cukup mahal memang, apalagi jika hewan yang kita pelihara tidak hanya satu ekor saja.

Baca juga: Mitos atau Fakta: Sterilisasi Kucing Bikin Gemuk?

Kabar baiknya, terkadang ada program sterilisasi gratis yang biasanya dilakukan oleh Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di berbagai daerah atau komunitas pecinta hewan peliharaan, baik itu kucing atau anjing.

Contohnya, program sterilisasi gratis yang digelar Dispernakan Kabupaten Bandung Barat baru-baru ini.

Program yang dibuka setiap Selasa dan Jumat selama bulan Agustus hingga September tersebut dibuka untuk 100 ekor kucing jantan domestik yang memenuhi syarat.

Sebelumnya, Pawsitive Animal Clinic juga mengadakan program serupa. Hanya saja, program ini berlaku khusus bagi kucing dan anjing liar terlantar dengan ras domestik dan sehat.

Baca juga: Manfaat Sterilisasi Pada Hewan Peliharaan, Bukan Tindakan Menyakitkan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Coconut Bunny (@arie.aris.92)

Lalu, Sahabat Kucing Jogja juga diketahui membuka donasi berupa pakan atau uang yang akan disalurkan untuk kebutuhan kucing, termasuk membantu biaya steril kucing.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Sahabat Kucing Jogja (SKJ) (@sahabatkucingjogja)

Tentu, selain tiga program ini, masih banyak program sterilisasi anabul lainnya, dengan kuota dan syarat yang berbeda-beda.

Kendati demikian, pada umumnya sterilisasi hewan peliharaan memiliki beberapa syarat berikut ini:

  • Umur minimal satu tahun
  • Ras domestik
  • Hewan dalam kondisi sehat. Para dokter yang bertugas melakukan sterilisasi tidak akan menerima kucing yang terekana penyakit, seperti diare dan demam atau memiliki riwayat sakit berat.

Lalu, untuk kucing betina, tidak boleh disteril dalam keadaan hamil. Namun, bagi kucing betina yang memiliki anak, biasanya bisa melakukan sterilisasi jika bayinya telah berusia 10 minggu dan bisa diberi makan sendiri.

Baca juga: Kamasutra Satwa: Kibaskan Ekornya ke Samping, Tanda Anjing Betina Siap Kawin

Kendati demikian, syarat di atas bisa berbeda, terlepas dari penyelenggaranya. Komunitas Peduli Kucing di Instagram misalnya, mereka sempat membuka program steril gratis dengan umur kucing minimal lima bulan dengan berat 1,5 kg dan tidak menyebutkan syarat terkait ras kucing.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Yayasan Peduli Kucing (@pedulikucing)


Untuk informasi mengenai program sterilisasi gratis lainnya, bisa cek tagar #sterilgratis di Instagram.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com