Kompas.com - 18/08/2021, 18:29 WIB
Ilustrasi sakit kepala. PEXELS/ANDREA PIACQUADIOIlustrasi sakit kepala.

KOMPAS.com - Ketika mengalami sakit kepala, kita mungkin berpikir minuman apa yang bisa menjadi solusi cepat untuk membantu meredakan sakit kepala tersebut.

Faktanya, ada beberapa jenis sakit kepala dan beberapa jenis minuman memang dapat membantu meredakan sakit kepala yang tidak nyaman.

Melansir Medical News Today, beberapa jenis sakit kepala yang umum terjadi antara lain:

  • Migrain: sakit kepala dengan nyeri berdenyut hebat di satu area atau sisi kepala atau leher, bersama dengan gejala lain seperti kepekaan terhadap cahaya dan suara, mual, dan gangguan penglihatan.
  • Sakit kepala tipe tegang: sakit kepala dengan nyeri tumpul ringan hingga sedang. Beberapa orang menggambarkannya sebagai perasaan seolah-olah ada pita yang dikencangkan di kepala mereka.
  • Sakit kepala cluster: sakit kepala ini menyebabkan rasa sakit yang hebat, umumnya di satu sisi kepala atau di sekitar satu mata, dan dapat terjadi bersama dengan gejala lain seperti keluarnya cairan dari hidung atau mata berair.
  • Sakit kepala sinus: sakit kepala sekunder akibat penumpukan tekanan akibat peradangan. Ini biasanya terjadi bersama gejala lain di sinus, seperti hidung tersumbat atau berair, bengkak di wajah, dan mata gatal.

Sementara frekuensi dan tingkat keparahannya bisa sangat bervariasi.

National Institute of Neurological Disorders and Stroke mencatat, beberapa orang mungkin mengalami gejala sakit kepala ringan 1-2 kali setahun, sementara yang lain mengalami sakit kepala lebih dari 15 hari setiap bulan.

Baca juga: Sakit Kepala Terus-menerus? Ketahui 10 Penyebab dan Solusinya

Minuman untuk meredakan sakit kepala

Beberapa makanan dan minuman dapat menjadi pemicu atau memperparah sakit kepala. Namun, beberapa makanan dan minuman bisa membantu kita meredakannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut beberapa minuman yang dapat dijadikan salah satu cara meredakan sakit kepala:

1. Air putih

Melansir Verywell Health, kurang asupan cairan bisa menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi. Dehidrasi adalah salah satu penyebab sakit kepala tipe tegang dan migrain.

Jadi, ketika mengalami sakit kepala, cobalah untuk meraih segelas air dan minumlah. Mungkin cara itu bakal membantu.

Pastikan air yang dikonsumsi bukan soda atau jus buah tinggi gula.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.