Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Postur Tubuh yang Buruk bisa Diperbaiki, Caranya?

Kompas.com - 18/08/2021, 19:02 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Waktu kita masih kecil dulu, orangtua selalu menasihati agar kita duduk dalam posisi tegak, sedangkan membungkuk adalah postur duduk yang buruk.

Nasihat orangtua itu benar adanya. Jika kita keseringan membungkuk, kita dapat mengalami rasa nyeri di bagian leher dan bahu, sakit punggung, dan kerusakan pada sendi.

"Postur tubuh yang buruk dapat menimbulkan rasa sakit dan nyeri. Memiliki postur tubuh buruk dalam jangka panjang akan membuat kita mengalami kerusakan nyata."

Begitu penjelasan ahli pengobatan sistem otot dan tulang belakang Andrew Bang, DC.

Kita ambil satu contoh. Jika kita berolahraga dengan melatih bagian kaki lima hari dalam seminggu, kaki kita akan terasa sakit.

Nah, ketika kita duduk membungkuk seharian menatap layar komputer, bagian leher dan punggung juga akan merasa sakit karena bekerja terlalu berat.

Bagaimana menghindari postur tubuh yang buruk? Bang memberikan berbagai tips.

1. Menata ulang meja kerja

Posisi tepat duduk di meja kerja.Getty Posisi tepat duduk di meja kerja.
Pekerja kantoran biasanya akan menghabiskan banyak waktu di balik meja kerja.

Maka dari itu, pastikan posisi meja kerja 90 derajat dengan bahu dan lengan. Posisikan monitor agar sejajar dengan mata.

"Kebanyakan orang menurunkan posisi monitor sehingga mereka melihat ke bawah, tetapi cara ini sangat meningkatkan ketegangan leher," sebut Bang.

Sebuah studi pada 2014 yang membahas "text neck" (masalah yang muncul akibat kepala menunduk saat menatap layar perangkat elektronik) menemukan hasil mengejutkan.

Studi itu mengungkap, ketika kepala kita sejajar dengan bahu, beban yang ditanggung tulang belakang sekitar 4,5 kilogram.

"Namun apabila kepala miring ke depan, jumlah beban yang diterima tulang belakang kita hampir dua kali lipat," kata Bang.

Postur tubuh yang buruk saat berdiri memicu masalah yang sama pada bagian leher dan punggung. Kita harus harus menjaga postur tubuh yang baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com