Kompas.com - 19/08/2021, 08:40 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Seorang ibu yang menderita penyakit diabetes selama masa kehamilan akan membawa dampak buruk pada bayi yang lahir nantinya.

Dalam sebuah studi, terungkap ibu hamil penderita diabetes akan membuat anaknya berisiko mengalami gangguan mata seperti rabun jauh dan rabun dekat di kemudian hari.

Risiko penyakit lain yang bisa mengintai anak tersebut adalah astigmatisme atau mata silinder, kondisi di mana mata tidak dapat memfokuskan gambar secara tepat pada retina.

"Karena banyak kesalahan bias pada anak kecil dapat diobati, identifikasi dan penanganan dini dapat berdampak positif seumur hidup."

Demikian keterangan para peneliti dalam studi yang dimuat ke dalam jurnal Diabetologia tersebut.

Karena tingginya kesalahan bias atau refraksi dalam beberapa dekade terakhir, peneliti menduga ada faktor non-genetik yang berperan memengaruhi kondisi mata anak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menatap layar komputer dalam waktu lama, atau jarang beraktivitas di luar rumah adalah beberapa penyebab non-genetik yang bisa membuat anak mengembangkan kesalahan bias rendah (penglihatan menjadi buram).

Tetapi, para peneliti asal China dan Denmark belum mengetahui apa yang membuat anak mengembangkan kesalahan bias yang parah.

Studi terdahulu menemukan orang dengan kelainan refraksi parah bisa memiliki cacat mata bawaan.

Baca juga: 5 Mitos yang Salah soal Penyakit Diabetes, Jangan Mudah Percaya

Di dalam jurnal, peneliti menjelaskan ibu hamil yang memiliki gula darah tinggi dapat memicu peningkatan kadar gula darah janin.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.