Kompas.com - 19/08/2021, 10:04 WIB
Ilustrasi olahraga golf di Sentul Highlands, Jawa Barat, 6 Februari 2021. Shutterstock/Gilbert Kelvin SiraitIlustrasi olahraga golf di Sentul Highlands, Jawa Barat, 6 Februari 2021.

KOMPAS.com – Golf kini dan di tahun 1990-an silam memang bebeda. Jika dulu olahraga ini identik dengan kaum bapak-bapak mapan, kini banyak anak muda yang menganggap golf sebagai hobi barunya.

Selain itu kini ada alat-alat unik yang membantu olahraga ini. Misalnya, sebuah alat yang mampu meluncurkan bola golf sejauh 350 yard, bola golf ultra low-spin yang bisa “menggantung” di udara, club golf bagi golfer amatir, dan sebuah alat bernama TrackMan yang dapat memberitahu kita berbagai poin dalam golf.

Selain itu, para golfer profesional juga banyak menghabiskan waktu di gym seperti atlet lainnya.

Kendati demikian, tidak berarti bahwa semua golfer itu sehat. Masih banyak golfer amatiran yang mengonsumsi makanan tidak sehat saat bermain, sebagian lagi menggunakan golf sebagai alasan untuk keluar rumah saja.

Baca juga: Gara-gara Pandemi, Gading Marten Jadi Hobi Main Golf

Baru-baru ini situs web Skilled Golf yang berbasis di Inggris mengutip penelitian terkenal yang diterbitkan oleh Harvard Medical School dan menggabungkannya dengan kumpulan data lain untuk mengungkap olahraga "rekreasi" mana yang paling mampu membakar kalori dengan baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut perhitungan mereka, jika kita berjalan di area golf dengan 18 lubang sambil membawa tongkat (club) sendiri, orang yang sehat dengan berat sekitar 70 kg akan membakar lebih dari 1.640 kalori.

Biasanya, berjalan di area golf (walking golf) ini memakan waktu hingga empat jam.

Bukan hanya sekadar berjalan dengan membawa beban tambahan, olahraga golf juga memiliki manfaat lainnya.

Baca juga: Peralatan Golf yang Perlu Dibeli Pemula

Berikut manfaat golf bagi tubuh kita, seperti dilansir dari Eat This, Not That

Otot lebih stabil dan seimbang

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.