Kompas.com - 19/08/2021, 12:49 WIB
Gerai kopi Starbucks hadir dengan menu terbaru yakni minuman plant-based yang ramah lingkungan. Dokumen StarbucksGerai kopi Starbucks hadir dengan menu terbaru yakni minuman plant-based yang ramah lingkungan.

KOMPAS.com – Salah satu hal yang membuat Starbucks populer adalah kita bisa memesan racikan kopi secara custom, alias minuman yang tidak ada dalam menu.

Saking populernya custom order Starbucks, “resep” minumannya pun tersebar di mana-mana, termasuk di media sosial seperti TikTok.

Sayangnya, permintaan-permintaan minuman yang viral di TikTok tersebut malah membuat repot para barista di gerai Starbucks.

Para barista pun mengeluh tentang banyaknya minuman konyol yang harus mereka buat, memperlembat kinerja mereka. Dan lebih parahnya lagi, menurut laporan Business Insider, mayoritas pesanan itu tidak masuk akal.

Business Insider mewawancarai beberapa staf Starbucks yang mengatakan bahwa minuman custom itu "berlebihan," "konyol," "menjijikkan" dan tidak muat di dalam cup.

Baca juga: Ada Detail Tersembunyi pada Logo Starbucks, Mau Tahu?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa contohnya, ada konsumen yang meminta minuman dengan 20 atau lebih pump sirup atau tiga krim berbeda dan foam topping.

Ada juga yang meminta agar makanan blended dimasukan ke dalam minuman, atau permintaan yang menentang kualitas, seperti menggunakan campuran pisang-susu sebagai dasar untuk sebuah latte.

Lebih buruknya lagi, terkadang pelanggan hanya memperlihatkan gambar minuman Starbucks dari internet yang nampaknya tidak mungkin dibuat dan kesal saat minuman yang dibuat barista tidak terlihat seperti dalam gambar.

Waktu tunggu pun menjadi masalah. Menurut para staf, saat konsumen ingin memesan minuman custom order lewat drive-thru, pelanggan perlu menyesuaikan ekspektasi dengan waktu tunggu mereka.

"Jika sebuah minuman terlihat merepotkan, berarti memang merepotkan,” ujar seorang barista di British Columbia pada Insider.

Baca juga: Semangat Tinggi Barista Berbahasa Isyarat di Sunyi Coffee

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.