Kompas.com - 19/08/2021, 23:00 WIB

KOMPAS.com – Tidak ada yang tidak menyukai makanan gratis, bahkan kucing sekalipun.

Sebuah penelitian terbaru dilakukan para peneliti dari Davis School of Veterinary Medicine, University of California, dan hasilnya diterbitkan dalam jurnal Animal Cognition.

Di sana ditemukan, kucing lebih memilih untuk mendapatkan makanannya secara cuma-cuma dibandingkan harus berjuang terlebih dahulu.

Memang, jika melihat fakta bahwa kucing adalah seekor hewan, hal itu tentu tidak aneh.

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Ini Ketika Membeli Makanan Kucing

Kendati demikian, para peneliti justru kaget. Pasalnya, banyak hewan, termasuk beberapa hewan peliharaan lainnya, lebih menyukai “berjuang” dahulu sebelum mendapatkan makanan, alias “contrafreeloading.”

Dalam penelitian ini, para peneliti mengamati 17 ekor kucing domestik. Lalu, kucing-kucing ini diberi nampan makanan yang mudah diraih serta food puzzle sederhana.

Para peneliti lantas menemukan, mayoritas kucing memilih nampan makanan. Bahkan, kucing yang terbiasa dengan food puzzle pun memilihnya.

"Sebelumnya, penelitian menunjukkan bahwa berbagai spesies, seperti burung, tikus, serigala, primata, bahkan jerapah, lebih memilih berjuang untuk mencari makanan."

Baca juga: Memilih Makanan Kucing, Apa yang Harus Diperhatikan?

"Yang mengejutkan, dari semua spesies ini, kucing tampaknya menjadi satu-satunya yang tidak menunjukkan kecenderungan kuat untuk contrafreeload.”

Demikian dikatakan Kepala Peneliti, Mikel Delgado, yang adalah ahli perilaku kucing dan research affiliate di Davis School of Veterinary Medicine dalam siaran pers-nya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber People
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.