Kompas.com - 20/08/2021, 07:31 WIB
Perempuan mengenakan burka di Afganistan. Manjunath Kiran/AFPPerempuan mengenakan burka di Afganistan.

KOMPAS.com - Warga Afghanistan kini berada dalam situasi mencekam setelah negara itu dikuasai Taliban.

Berkaca pada catatan masa lalunya yang penuh kekerasan dan pelanggaran HAM, dikhawatirkan kelompok militan itu akan mengulangi perbuatannya. Termasuk pula memberangus hak-hak perempuan untuk bekerja dan mendapatkan pendidikan yang layak.

Tak heran, banyak yang berupaya melakukan eksodus untuk keluar dari negara itu demi terhindar dari pemerintahan Taliban. Jutaan warga Afghanistan berusaha mencari suaka untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Direktur Eksekutif Wanita PBB, Phumzile Mlambo-Ngcuka menyerukan kepada warga dunia untuk memberikan dukungan kepada Afghanistan. 

“Tolong sejenak pikirkan orang-orang, perempuan dan anak perempuan Afghanistan. Sebuah tragedi terbentang di depan mata kita," cuitnya via Twitter.

Sebagai aksi nyata atas simpati kita pada tragedi negara tersebut, ada lima cara yang bisa kita lakukan yakni:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Berdonasi untuk bantuan kemanusiaan

Kita bisa memberikan dukungan dengan berdonasi pada sejumlah organisasi kemanusiaan yang menyalurkan bantuan ke Afghanistan. Beberapa organisasi tersebut antara lain UNHCR, Women for Afghan Women dan Doctors Without Borders.

Organisasi-organisasi ini bekerja untuk melindungi warga yang berada dalam bahaya, memberikan akses ke bantuan dalam bentuk dukungan medis, makanan, dan akses ke tempat perlindungan, dan telah beroperasi di Afghanistan selama beberapa tahun terakhir.

Memang belum ada kepastian apakah sejumlah organisasi kemanusiaan ini akan tetap bertahan di Afghanistan dengan perubahan kondisi ini.

Namun banyak yang telah menyatakan minatnya untuk membantu melindungi komunitas rentan dengan kebebasan dan kemampuan terbaik mereka untuk melakukannya.

Baca juga: Taliban Kuasai Afganistan, Atlet Wanita Ini Batal ke Paralimpik Tokyo

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.