Kompas.com - 20/08/2021, 19:02 WIB

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 tentunya sangat berdampak bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia, terutama ekonomi pada industri kreatif.

Pertumbuhan ekonomi di DKI Jakarta saat ini tercatat masih minus 1,65 persen pada semester satu meskipun Indonesia telah lepas dari resesi.

Namun, besarnya potensi pengelolaan pelaku ekonomi kreatif (Ekraf) secara profesional memiliki dampak besar terhadap DKI Jakarta.

Baca juga: Sandiaga: Perempuan Jadi Game Changer Ekonomi Kreatif di RI

Bahkan, pertumbuhan sektor Ekraf DKI Jakarta telah melebihi pertumbuhan rata-rata ekonomi.

Di samping itu, beberapa subsektor Ekraf DKI Jakarta juga mulai berkembang dengan pesat di masa pandemi ini.

Menciptakan wadah kolaborasi

Situasi tersebut akhirnya mendorong Komite Ekraf Jakarta (KE JKT) menggelar Jakarta Metaverse pada 27-29 Agustus 2021.

Jakarta Metaverse merupakan sebuah semangat pergerakan dan juga sebagai wadah yang diinisiasi oleh para pelaku ekraf Jakarta dalam membangkitkan kolaborasi industri kreatif.

Dengan mengusung tema "The New Age of Creative Economy", KE JKT berupaya mengajak para pelaku ekonomi kreat untuk bisa beradaptasi dan berinovasi di masa pandemi ini.

Ada pun sejumlah industri kreatif yang terlibat antara lain bergerak di bidang fesyen, seni, hiburan, kuliner, teknologi, dan lain sebagainya.

Baca juga: Dukungan Bekraf untuk Pendatang Baru Modest Fashion

"Melalui Jakarta Metaverse, kami berupaya menciptakan perspektif baru yang berdampak positif terhadap kemajuan dan pengembangan industri Ekraf DKI Jakarta ke depan."

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.