Kompas.com - 21/08/2021, 10:21 WIB
Ilustrasi memakai masker dobel. SHUTTERSTOCK/RFRANCAIlustrasi memakai masker dobel.

KOMPAS.com - Masker digunakan untuk melindungi diri kita dari risiko tertular dan menularkan penyakit. Menggunakan masker kini menjadi bagian dari protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Meski kewajiban memakai masker sudah digaungkan hampir dua tahun sejak pandemi Covid-19 bermula, rupanya masih banyak kesalahan menggunakan masker yang dilakukan oleh masyarakat.

Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, Diansanto Prayoga, SKM, MKes menyoroti beberapa kesalahan penggunaan masker yang bisa mengurangi efektivitasnya dalam menekan penyebaran kasus Covid-19. Beberapa kesalahan tersebut di antaranya:

1. Tidak rutin mengganti masker

Masker harus diganti dengan yang baru setelah digunakan selama empat jam.

Dian mengingatkan agar orang-orang selalu membawa masker cadangan di dalam tas, terutama jika beraktivitas dalam waktu lama di luar rumah.

Baca juga: Begini, Cara Tepat Buang atau Cuci Masker Bekas Pakai

2. Menggunakan lagi masker yang sudah dipakai

Menurutnya, kesalahan lain yang sering ditemukan adalah menggunakan kembali masker yang sebelumnya sudah dipakai karena sebelumnya hanya dipakai beberapa menit atau satu jam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Padahal, meski baru dipakai sebentar, kita tidak tahu apakah lapisan luar masker sudah terkena virus atau belum.

"Jadi saya sarankan untuk selalu mengganti masker setelah keluar atau berada di keramaian,” ungkapnya dalam webinar bertajuk Aspek Masker: Analisis Perilaku Kebersihan Masker, seperti dikutip dari laman resmi Unair.

3. Memakai masker medis yang tak sesuai standar

Hal penting lainnya yang perlu ditekankan adalah membeli masker medis yang sesuai dengan standar dan izin edar.

Tak bisa dipungkiri bahwa kewajiban menggunakan masker pada akhirnya menciptakan persaingan ketat di pasar masker sehingga banyak yang menjual masker dengan harga lebih murah meskipun tanpa memenuhi standar yang semestinya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.