Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip 8 Jenis Bunga Favorit Keluarga Kerajaan Inggris

Kompas.com - 21/08/2021, 15:05 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Memelihara tanaman hias terbukti bermanfaat bagi kesehatan, tak hanya secara fisik tapi juga mental.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada April 2015 melalui Journal of Psychological Anthropology, misalnya, meneliti efek interaksi dengan tanaman terhadap fisiologi dan psikologis kelompok masyarakat modern.

Hasilnya, interaksi aktif dengan tanaman dalam ruangan ternyata lebih mampu membantu mengurangi stres fisiologis dan psikologis dibandingkan dengan pekerjaan mental. Hal itu dicapai lewat penekanan aktivitas sistem saraf simpatik dan tekanan darah diastolik serta meningkatkan perasaan nyaman, tenang, dan alami.

Anggota keluarga Kerajaan Inggris juga memiliki kecintaan tersendiri dengan beberapa jenis bunga. Hal itu diungkap dalam RHS Chelsea Flower Show yang digelar sebagai acara tahunan.

Masing-masing anggota kerajaan memiliki jenis bunga favoritnya masing-masing. Berikut rinciannya, siapa tahu mengetahui bunga kesukaan keluarga Kerajaan Inggris menginspirasi kita untuk mulai mengisi taman kita dengan jenis tanaman hias baru:

1. Ratu Elizabeth II

Lily of the Valley.THOMPSON-MORGAN VIA HOUSE BEAUTIFUL Lily of the Valley.
Mengutip House Beautiful, bunga bakung gunung (lily of the valley) adalah salah satu bunga kesukaan Ratu. Bunga ini selalu dianggap spesial sejak dilibatkan dalam acara penobatannya.

Buket penobatan Ratu terdiri dari bunga putih seperti anggrek dan bunga bakung gunung dari Inggris, stephanotis dari Skotlandia, anggrek dari Wales, dan anyelir dari Irlandia Utara, dan Isle of Man.

2. Pangeran Charles

Delphinium.THOMPSON-MORGAN VIA HOUSE BEAUTIFUL Delphinium.
Charles diketahii memiliki ketertarikan khusus dengan tanaman dan kebun. Memelihara tanaman hias sudah menjadi hobinya sejak lama.

Mengutip pemberitaan Kompas.com (04/12/2020), sulung Ratu Elizabeth itu memiliki taman yang luas dan asri di salah satu kediamannya, yakni Highrove House di Gloucestershire.

Selain sembilan kamar tidur dan enam kamar mandi, Highrove House dikenal karena kebunnya yang begitu cantik, yang dibuka umum untuk publik jika ingin melihat-lihat koleksi tanaman Charles.

Selama bertahun-tahun, Prince of Wales terlibat dalam perawatan kebun secara langsung, mulai dari pelestarian tanaman, memetik campuran benih bunga liar, beternak lebah, dan banyak aktivitas berkebun lainnya.

Salah satu bunga kesukaannya adalah bunga larkspur atau delphinium.

"Delphinium yang megah dengan bantalannya yang sempurna dan terkumpul adalah kebangaan dalam kasih sayang saya terhadap tanaman hias," ujarnya.

Baca juga: Mengintip Koleksi Tanaman Pangeran Charles di Kebun Highroove

3. Camilla Parker Bowles

Lady's mantle.THOMPSON-MORGAN VIA HOUSE BEAUTIFUL Lady's mantle.
Salah satu bunga kesukaan Duchess of Cornwall adalah alchemilla mollis atau lady's mantle.

Tanaman ini memiliki bunga-bunga kecil berwarna kuning cerah yang tampak harmoni dengan daun-daun hijaunya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com