Kompas.com - 21/08/2021, 16:10 WIB

KOMPAS.com - Terrarium tak hanya terlihat cantik karena menempatkan tanaman hias di dalam kaca, tetapi juga bisa menjadi solusi menanam di lahan sempit.

Mengutip Kompas.com (21/01/2021), terrarium adalah salah satu cara merawat tanaman menggunakan wadah kaca. Biasanya, tanaman yang dipilih seperti sukulen dan kaktus.

Di samping mendapatkan efek positif dari memelihara tanaman hias, membuat terrarium juga merupakan cara sempurna untuk membantu meredakan stres sambil mengekspresikan kreativitas pada ruang yang terbatas.

GardenBuildingsDirect.co.uk membagikan cara membuat terrarium yang mudah dipraktikkan di rumah, berikut tahapannya:

1. Memilih wadah kaca

Wadah kaca yang dipilih bisa dari bekas stoples selai, atau wadah kaca terbuka lainnya yang kita punya di rumah. Lebih besar ukurannya akan lebih baik.

Pastikan terrarium menggunakan wadah dari kaca dengan adanya bagian terbuka tak hanya membuat tampilannya cantik, tetapi juga memungkinkan aliran udara yang lebih baik.

Baca juga: 4 Tips Memilih Pot untuk Tanaman Kaktus, Jangan Asal!

2. Membuat layer drainase

Ini bisa dikatakan sebagai langkah terpenting dalam membuat terrarium, yakni menambahkan drainase yang tepat.

Membuat lapisan drainase sangat penting karena wadah kaca yang kita buat tidak memiliki lubang drainase. Cara ini dapat membantu mencegah pembusukan akar.

Untuk membuatnya, gunakan batu-batuan kecil di bagian bawaah wadah kaca, kemudian tambahkan lapisan tipis arang aktif pada bagian atasnya.

Arang bertindak sebagai penghilang racun dan akan menghilangkan bahan kimia apapun yang mungkin terkandung dalam tanah dan juga dapat menghilangkan bau tak sedap.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.