Kompas.com - 21/08/2021, 21:00 WIB
Presenter Najwa Shihab saat Wawancara Ekslusif dengan Kompas.com di Kantor Narasi TV, Jakarta, Jumat (7/2/2020) KOMPAS.com/SANIA MASHABIPresenter Najwa Shihab saat Wawancara Ekslusif dengan Kompas.com di Kantor Narasi TV, Jakarta, Jumat (7/2/2020)

KOMPAS.com - Kemampuan mengelola uang atau finansial kerap disepelekan. Padahal, kemampuan ini perlu dibangun dalam jangka waktu yang lama, bahkan sejak kita kecil.

Najwa Shihab merasa dirinya cukup beruntung karena sejak kecil orangtuanya mengajarkan agar dirinya mampu mengelola uang.

Di bangku Sekolah Dasar, jurnalis, pembawa acara sekaligus putri Quraish Shihab itu diberi uang jajan mingguan oleh orangtuanya. Kondisi itu membuat Najwa harus belajar mengatur uang jajannya agar cukup untuk seminggu.

"Kalau uang habis ya enggak boleh nambah lagi karena sudah dikasih di awal minggu," ujarnya dalam talkshow bertajuk Bagaimana Perkembangan Literasi Keuangan di Indonesia bersama Ternak Uang, Jumat (20/08/2021).

Baca juga: Rekomendasi 5 Buku Bacaan Ringan dari Najwa Shihab

Wanita penggemar sneakers itu menceritakan bagaimana orangtua saat itu mengajarkannya untuk berusaha demi mendapatkan hal yang diinginkan. Salah satunya buku.

Najwa sejak dulu sangat gemar membaca. Demi membeli buku baru setiap bulannya, ia membuat perpustakaan kecil yang bisa dikunjungi para tetangganya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mereka yang meminjam buku kemudian harus membayar Rp 25.

"Tetanggaku aku mintain Rp 25 untuk bayar minjam buku, uangnya aku beliin buku lagi," tuturnya.

Wanita kelahiran 16 September 1977 itu mengenang, obrolan mengenai finansial sangatlah terbuka di keluarganya. Dari rumah, ia juga mendapatkan pelajaran untuk menghargai uang dan bagaimana bekerja untuk mendapatkan uang.

"Topik soal uang kan seolah sensitif, dianggap jangan diomongin, jadi malah enggak dibicarakan secara terbuka."

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.