Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/08/2021, 16:00 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gaya hidup Pangeran Harry dan Meghan Markle selalu jadi sorotan khususnya jika berkaitan dengan isu ramah lingkungan.

Pasangan suami istri ini kerap mengkampanyekan isi perubahan iklim dan pentingnya mengubah perilaku manusia untuk mengurangi dampak buruknya pada bumi.

Dalam berbagai unggahan media sosial maupun penampilan publik, keduanya kerap menyampaikan pesan tersebut secara langsung maupun tersirat.

Meghan juga kerap memilih brand fashion etis yang menjunjung prinsip ramah lingkungan. Pasangan ini juga menyatakan hanya akan punya dua anak, sebagai bentuk sikap kepedulian lingkungannya.

Karena concern keduanya, media Inggris bahkan menjuluki pasangan ini sebagai eco-warrior. 

Baca juga: Pulang Naik Jet Pribadi, Pangeran Harry Dikritik Hipokrit

Ironisnya, keduanya malah sudah beberapa kali kedapatkan memanfaatkan jet pribadi ketika bepergian. Bukan hanya untuk kebutuhan urgent namun juga ketika berlibur, hal yang sebenarnya bukan prioritas.

Sejauh ini, mereka memang tidak memiliki aset berupa private jet. Namun keduanya sering menikmatinya dari pinjaman kenalannnya atau fasilitas yang diberikan perusahaan yang bekerja sama dengan mereka.

Padahal, pesawat mewah ini dinilai berdampak amat buruk pada bumi karena menghasilkan berton-ton emisi karbondioksida ketika beroperasi.

Situs Transport & Enviroment menyatakan jet pribadi memiliki dampak yang tidak proporsional terhadap lingkungan. Hanya dalam satu jam, satu jet pribadi dapat mengeluarkan dua ton karbondioksida.

Tak pelak, mereka dituding bersikap munafik karena tak sanggup bergaya hidup sesuai dengan hal yang dibicarakan kepada dunia.

Baca juga: Cerita Maia Estianty Naik Jet Pribadi Jemput Irwan Mussry, Kaget Tahu Harga Sewa Rp 115 Juta Per Jam

Terbang dengan jet pribadi empat kali dalam 11 hari

Tudingan bersikap inkonsisten pertama kali disematkan kepada pasangan Duke dan Duchess of Sussex ini pada tahun 2019 lalu.

Harry (36 tahun) dan Meghan (39 tahun), diterjang kritik tahun lalu setelah menyampaikan pandangan soal pemilihan presiden AS. AP PHOTO/DOMINIC LIPINSKI Harry (36 tahun) dan Meghan (39 tahun), diterjang kritik tahun lalu setelah menyampaikan pandangan soal pemilihan presiden AS.

Kala itu, keduanya panen kritikan karena kedapatan terbang dengan jet pribadi empat kali, hanya dalam kurun waktu 11 hari. Orangtua Lilibet Diana ini tak selalu terbang bersama, ada juga yang dilakukan sendirian tanpa pasangannya.

Pangeran Harry mengejutkan publik ketika naik jet pribadi dan helikopter ketika menghadiri KTT perubahan iklim di Google Camp di Sisilia.

Padahal kedua kendaraan ini jauh lebih merusak lingkungan daripada opsi perjalanan komersial.

Di sana, ia bahkan memberikan ceramah soal ancaman perubahan iklim dan perlunya semua pihak mengambil tindakan tegas. Tentu saja, ia langsung jadi bahan cemooh oleh sejumlah aktivis lingkungan.

Baca juga: Anak Pangeran Harry, Lilibet Diana Masuk Daftar Pewaris Kerajaan Inggris

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com