Kompas.com - 22/08/2021, 18:00 WIB
ilustrasi jus buah dan sayuran. SHUTTERSTOCK/margouillat photoilustrasi jus buah dan sayuran.

KOMPAS.com - Kebanyakan orang mengira asupan makanan adalah satu-satunya hal yang harus dikontrol jika ingin sukses menurunkan berat badan.

Faktanya, jenis minuman yang dikonsumsi juga berpengaruh pada asupan kalori harian seseorang. Dampaknya sama besarnya bagi berat badan seperti makanan, apalagi jika kita sedang menjalani program diet.

Sebenarnya, ada jenis minuman tertentu yang dapat membuat kita kenyang lebih lama. Hal ini tentunya mencegah kita makan lebih banyak dan mengalami kelebihan kalori.

Selain itu, ada juga jenis minuman yang lebih efektif dalam meningkatkan metabolisme tubuh sehingga kita dapat membakar kalori lebih efisien.

Namun, Ana Reisdorf, MS, ahli diet terdaftar untuk Wellness Verge, situs panduan gaya hidup sehat di AS, mengingatkan untuk menghindari teh dan minuman detoks yang diklaim dapat menjadi solusi cepat penurunan berat badan.

Baca juga: Teh Detoks Ampuh Turunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?

Produk ini tidak efektif dikonsumsi dalam jangka panjang dan juga berisiko mengandung bahan-bahan yang berpotensi berbahaya untuk kesehatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut adalah beberapa minuman terbaik untuk dikonsumsi jika ingin menurunkan berat badan.

  • Air putih

Air putih adalah pilihan terbaik jika kita sedang fokus dalam program penurunan berat badan. Kristin Gillespie RD, dokter dukungan nutrisi bersertifikat di Option Care Health, Illinois, mengatakan minuman ini bebas kalori, efektif memberikan rasa kenyang sehingga kita tidak makan berlebih.

Riset tahun 2019 membuktikan, peningkatan asupan air erat kaitannya dengan penurunan berat badan rata-rata sebesar 5,15 persen. Jika berat badan kita 68 kilogram, artinya ini dapat mengurangi hingga 3,4 kilogram.

Pastikan untuk memenuhi kebutuhan air putih harian dan sebisa mungkin minum lebih banyak untuk mendapatkan manfaat baiknya.

Baca juga: Minum Air Putih Tak Membantu Menghidrasi Kulit, Benarkah?

Ilustrasi teh hijau.shutterstock Ilustrasi teh hijau.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.