Kompas.com - 22/08/2021, 18:24 WIB

KOMPAS.com – Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, termasuk soal perawatan kulit seperti eksfoliasi, misalnya.

Eksfoliasi memang langkah penting dalam perawatan kulit karena membuat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit terluar bisa terkelupas dan membuat kulit terlihat halus dan segar.

Kendati demikian, terlalu sering melakukannya bisa berbahaya, lho.

Entah itu eksfoliasi fisik atau kimia, eksfoliasi yang berlebihan dapat merusak kulit hingga membuatnya sulit disembuhkan.

Nah, untuk mengetahui lebih jelas soal eksfoliasi berlebihan dan dampalnya pada kulit, simak penjelasan dari Dr. Kaustav Guha, R&D Head di SkinKraft Laboratories, berikut ini.

Baca juga: Kulit Sering Beruntusan, Tasya Farasya Rajin Eksfoliasi

Eksfoliasi berlebihan

Eksfoliasi meningkatkan pergantian sel-sel kulit. Jadi ketika kita melakukannya, sel-sel baru muncul di permukaan kulit, membuat kulit terlihat lebih muda, memberikan tekstur yang lebih baik dan meratakan warna kulit.

Namun, jika kita melakukan eksfoliasi terlalu banyak atau terlalu sering, ia akan merusak sel-sel baru di permukaan kulit bahkan sebelum mereka menetap.

Berikut gejala yang timbul saat kita melakukan eksfoliasi berlebihan:

Kulit merah dan iritasi

Jika kulit terlihat sangat merah, kemungkinan kita telah melakukan eksfoliasi secara berlebihan. Kulit kemerahan ini juga sering disertai dengan rasa gatal atau terbakar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.