Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/08/2021, 08:32 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Vogue

KOMPAS.com - Mengubah tas Louis Vuitton (LV) usang menjadi barang lain yang lebih bermanfaat merupakan salah satu keahlian seorang desainer, Peder Cho.

Ya, dalam akun TikTok miliknya @utopia.us, pria berusia 29 tahun yang tinggal di Los Angeles itu bisa mengubah sebuah tas LV menjadi berbagai jenis barang, mulai dari sepatu hingga bikini.

"Bisnis saya berfokus pada pengiriman barang-barang kesayangan untuk diubah menjadi sesuatu yang baru yang diinginkan oleh klien," kata Cho.

Sebelum menjadi desainer, Cho sebenarnya adalah seorang akuntan. Namun, dia berhenti dari profesinya pada tahun 2018 untuk mengejar mimpinya setelah belajar menjahit sekitar setahun.

"Saya sangat tekun dalam hal ini dan saya bisa mendedikasikan hidup saya untuk menciptakannya sesuai keinginan saya," ujarnya.

Baca juga: Trik Mudah Bersihkan Bagian Belakang Panci ini Viral di TikTok

Cho mulai memposting kreasi DIY miliknya di TikTok pada bulan Februari tahun ini dan sekarang dia memiliki lebih dari 180.000 pengikut.

Spesialisasinya adalah mengubah barang-barang dari desainer haute couture yang jarang dipakai atau sudah lawas menjadi sesuatu yang baru dan lebih bermanfaat.

Belum lama ini, dia juga membuat tas yang terinspirasi dari Dior Saddle dari bahan tas Gucci usang, serta celana pendek dari tas Christian Louboutin yang sudah tidak terpakai.

Inspirasinya menjadi desainer

Cho memiliki seorang kakak laki-laki yang bekerja sebagai pengusaha dan dia tertarik untuk bisa menjalankan usahanya sendiri daripada harus bekerja di perusahaan orang lain.

"Kebebasan untuk melakukan apa pun dengan waktu saya sendiri adalah hal yang saya inginkan," terangnya.

Baca juga: Rangkaian Tas Mewah Rolls-Royce Senilai Rp 462 Juta

Dari situ, dia perlahan-lahan belajar cara menjahit jas di tempat usaha jahit sang ayah ketika dia masih menjadi seorang akuntan.

Cho juga mulai lebih sering menjahit dan mendaur ulang kaus NBA lama yang dia kumpulkan saat berada di sekolah menengah.

"Akhirnya, beberapa teman dan keluarga saya mendorong saya secara mental untuk percaya bahwa saya bisa menjadi seorang desainer," tuturnya.

Memilih aplikasi TikTok

Halaman:
Sumber Vogue
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com