Kompas.com - 25/08/2021, 10:57 WIB
Tasya Kamila saat ditemui di Senayan City, Jakarta Pusat, Sabtu (14/3/2020). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIATasya Kamila saat ditemui di Senayan City, Jakarta Pusat, Sabtu (14/3/2020).

KOMPAS.com - Artis Tasya Kamila mengaku sudah menerapkan pemilahan sampah di rumahnya. Namun, ia masih bingung dengan sampah masker medis. Sebab, belum ada fasilitas pengelola sampah yang mau menerimanya.

Padahal, sampah masker medis perlu dikelola secara tepat agar pada akhirnya tidak mencemari lingkungan.

"Aku di rumah sudah pilah sampah. Sampah anorganik kayak plastik, kardus, botol kaca biasanya aku serahkan ke fasilitas pengelola sampah."

"Sampah di rumah dijemput, order lewat aplikasi. Tapi ternyata aplikasi dan bank sampah belum mau menerima sampah masker. Kayaknya cukup berbahaya kalau enggak melalui pengelolaan khusus."

Demikian diungkapkan Tasya dalam diskusi bertajuk Darurat Limbah Medis, Kita Bisa Apa? oleh Change.org, Selasa (24/08/2021).

Baca juga: Begini, Cara Tepat Buang atau Cuci Masker Bekas Pakai

Namun, sebelum menemukan tempat pengolahan sampah masker medis, mantan penyanyi cilik itu mengingatkan agar kita tidak membuang sampah masker medis sembarangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Awali dengan mengumpulkannya, melakukan disinfeksi dan mengguntingnya sebelum dibuang.

"Kalau belum bisa mengolah sendiri atau menemukan lembaga yang bisa mengolah limbah medis, ya sudah yang bisa kita lakukan seenggaknya cegah dan pilah," tuturnya.

Selain itu, menekan jumlah penggunaan masker medis juga dapat dilakukan dengan mengurangi frekuensi keluar rumah jika tidak terlalu penting atau kegiatannya bisa dilakukan secara virtual.

"Kalau enggak penting-penting amat enggak usah keluar rumah, kan jadi enggak perlu pakai masker, bisa menghemat masker," tutur pelantun Libur Telah Tiba itu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.