Kompas.com - 25/08/2021, 12:14 WIB
Ilustrasi berjualan online di masa pandemi. FREEPIK/TIRACHARDZIlustrasi berjualan online di masa pandemi.

KOMPAS.com - Ketidakpastian kondisi keuangan membuat banyak orang mencoba peruntungan menjadi pelaku bisnis di masa pandemi Covid-19, baik dengan berjualan barang maupun jasa.

Namun, berjualan juga bukan hal mudah dan memerlukan strategi agar bisa tetap bertahan, salah satunya adalah bagaimana agar mendapatkan kepercayaan pelanggan.

Ternyata, pelanggan setia tak hanya didapatkan dari kualitas produk dan layanannya saja, tapi juga kemampuan penjual membangun relasi dengan pelanggan.

"Kesetiaan dari pelanggan bukan sekadar tentang layanan atau produk saja, tetapi juga hasil dari membangun kedekatan emosi dan kepercayaan yang dirasakan pelanggan."

"Terlebih lagi, di era digital yang serba cepat seperti saat ini pelaku usaha harus lebih responsif menanggapi pertanyaan serta keluhan dari pelanggan."

Demikian diungkapkan oleh Head of Business Unit Customer Experience Management Sampingan, Maulana Malik Muqorrobun dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com. Adapun Sampingan merupakan platform solusi manajemen tenaga kerja.

Baca juga: 4 Tips Memulai Bisnis Rumahan di Masa Pandemi

Lebih jauh, Maulana membagikan tips bagi para pelaku usaha untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan sehingga bisnisnya dapat terus bertahan di masa pandemi dan seterusnya:

1. Transparan

Agar mendapatkan pelanggan setia, pelaku usaha harus jujur dan transparan tentang produk atau jasa yang dipasarkan.

Hal ini harus dimulai sejak interaksi pertama pelaku usaha dengan pelanggan ketika menawarkan produk dan jasa.

Pelaku usaha harus jujur dengan informasi seputar harga dan kebijakan yang dibagikan sehingga dapat membangun kepercayaan pelanggan di masa mendatang, seperti adanya prosedur pengembalian maupun pembatalan.

Baca juga: 10 Jenis Pekerjaan Paling Dicari selama 2021, Menurut JobStreet

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.