Kompas.com - 25/08/2021, 13:51 WIB

KOMPAS.com – Sepertinya, kita harus berhati-hati nih saat mencoba mengisengi atau membohongi anjing kesayangan di rumah.

Pasalnya, sebuah penelitian terbaru menunjukkan, hewan yang kerap dicap sebagai binatang paling setia ini bisa mendeteksi kebohongan manusia.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Akiko Takaoka dari Kyoto University, Jepang, beberapa ekor anjing sengaja “ditipu” untuk melihat reaksi anjing terhadap kebohongan.

Nah, penelitian ini rupanya memanfaatkan salah satu sifat khas anjing, di mana anjing akan berlari ke arah obyek yang kita tunjuk.

Baca juga: Ternyata, Anjing Mungkin Tak Akan Balas Budi Baik Pemiliknya

Dalam eksperimen itu, para peneliti menunjuk sebuah kontainer yang diisi dengan makanan tersembunyi. Tentu saja, para anjing berlari ke arah kontainer itu.

Lalu, para peneliti menunjuk ke kontainer lain. Para anjing pun kembali berlari menuju kontainer itu, hanya untuk membuat kecewa karena ternyata kontainernya kosong.

Hasilnya, saat para peneliti menunjuk sebuah kontainer berisi makanan untuk ketiga kalinya, anjing menolak untuk mengikuti perintah itu.

Sebab, diduga anjing tahu bahwa orang yang memerintahnya itu tidak bisa dipercaya berdasarkan pengalaman sebelumnya.

Dari 34 anjing yang digunakan dalam eksperimen, tidak ada satu anjing pun yang berlari ke kontainer untuk ketiga kalinya.

Artinya, eksperimen ini menunjukkan bahwa anjing dapat mendeteksi kebohongan dan memiliki trust issue.

Baca juga: Ternyata, Memeluk Anjing Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan Mental

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Upworthy
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.