Kompas.com - 25/08/2021, 19:52 WIB

KOMPAS.com –  Urutan kelahiran tampaknya memang mempengaruhi tipe kepribadian. Anak sulung, misalnya, cenderung lebih bisa diandalkan dan teliti. Mereka memiliki kepribadian tipe A dengan kecenderungan perfeksionis.

Kepribadian itu mungkin dibentuk oleh pola asuh orangtua yang masih "sesuai buku" dan mencurahkan perhatian penuh kepada anak pertamanya.

Di sisi lain, orangtua bertindak paling santai dengan si bungsu, sehingga anak bungsu cenderung lebih suka bersenang-senang dan tidak rumit.

Namun, karena mereka selalu berusaha untuk hidup sesuai dengan saudara yang lebih tua, yang bungsu mungkin bertindak egois, mencari perhatian, dan manipulatif.

Baca juga: Benarkah Pola Asuh Tentukan Kepribadian Anak Sulung, Tengah, dan Bungsu bak Film NKCTHI?

Lalu, anak tengah kemungkinan tidak sering dipuji seperti kakak mereka atau dimanja seperti adiknya, yang membuat mereka merasa dikucilkan atau diabaikan.

Fenomena yang disebut sindrom anak tengah ini juga membuat mereka tidak memiliki rasa tempat di dalam keluarga.

Mereka bisa saja berpikir, "Tidak ada yang mengerti saya atau mendengarkan apa yang saya katakan."

Karakteristik sindrom anak tengah

Untuk mengimbangi kurangnya perhatian, anak tengah biasanya cenderung memberontak atau mencoba menyenangkan orang lain. Perilaku mereka agak didasarkan pada kepribadian kakak mereka.

Misalnya, jika kakak laki-lakinya terstruktur dan bertanggung jawab, anak tengah mungkin akan memberontak untuk mengalihkan perhatian.

Baca juga: Kakak-Adik Susah Akur, Begini 7 Cara Menghadapinya

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Parents
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.