Kompas.com - 26/08/2021, 05:30 WIB
Ilustrasi hot dog yang memperlihatkan roti, bawang bombay, sosis, dan saus. (AFP/Greg Wood) Ilustrasi hot dog yang memperlihatkan roti, bawang bombay, sosis, dan saus. (AFP/Greg Wood)

KOMPAS.com – Kamu hobi makan hot dog atau junk food lainnya? Mungkin saatnya untuk berhati-hati.

Pasalnya, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ilmuwan di University of Michigan, Amerika Serikat, memakan satu hot dog dapat memperpendek umur.

Bahkan secara spesifik disebutkan, satu potong hot dog bisa mengurangi usia sebanyak 36 menit. Lalu, memakan sandwich jelly bisa memotong umurmu sebanyak 33 menit.

Penelitian itu diawali dengan dirilisnya sebuah indeks nutrisi yang diterbitkan School of Public Health, Department of Environmental Health Sciences dalam jurnal Nature Food.

Baca juga: Ubah Pola Makan, Langkah Kecil demi Hidup Sehat dan Panjang Umur

Jurnal tersebut memberi peringkat pada 5.800 makanan di AS berdasarkan meningkat atau berkurangnya “hidup sehat” dari satu porsi makanan, yang digambarkan dalam hitungan menit.

Nah, menurut hasil temuan yang dikutip New York Post, para peneliti dari University of Michigan menyimpulkan, konsumsi daging olahan dapat mengambil beberapa menit waktu hidup kita.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal inilah yang membuat para peneliti mengatakan, sepotong hot dog dapat memotong waktu hidup selama 36 menit, dengan daging olahan sebagai alasannya.

Di sisi lain, makanan yang lebih sehat layaknya kacang asin, salmon panggang, atau nasi dengan kacang disebut bisa menambah 10-15 menit harapan hidup.

Baca juga: 3 Kunci Kebahagiaan Para Penduduk Paling Panjang Umur di Dunia

Perlu diingat, perkiraan 36 menit pengurangan usia bukan waktu yang singkat. Sebagai gambaran, merokok diperkirakan "hanya" mengurangi 11 menit waktu hidup.

Namun, warganet di AS nampak skeptis akan penelitian ini.

“Rasanya tidak bertanggung jawab mengatakan ada semacam hubungan linier yang dapat dihitung antara makanan dan umur."

"Nikmati saja hot dog di pesta 4 Juli, itu tidak akan memengaruhi hidup kita. Tapi, jangan makan banyak makanan olahan. Tidak terlalu sulit,” tulis salah satu pengguna Twitter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.