Kompas.com - 26/08/2021, 08:32 WIB
Ilustrasi pekerjaan imtmphotoIlustrasi pekerjaan
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Tidak menyukai dan merasa tidak betah dengan suatu pekerjaan adalah hal yang umum terjadi. Jika berada di keadaan seperti itu, kita mungkin berpikir ingin berhenti dan pergi begitu saja.

Namun, mengundurkan diri dari pekerjaan kita saat ini bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan dan membuat kita mau tidak mau harus tetap bertahan.

Masalahnya, bertahan di perusahaan atau dalam peran yang tidak kita sukai dapat berdampak besar pada kesehatan mental kita.

Karenanya, jika berhenti dari pekerjaan bukanlah pilihan saat ini, penting untuk memprioritaskan kesehatan kita sendiri, dan itu tentu saja memerlukan strategi, baik di tempat kerja maupun di rumah.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi tekanan akibat pekerjaan yang tidak kita sukai, menurut terapis dan pakar karir.

Baca juga: Jangan Resign Sebelum Dapat Pekerjaan Baru, Kenapa?

1. Mengingat alasan kita

Jika kita tidak menyukai pekerjaan saat ini, kemungkinan besar itu terkait dengan pekerjaan itu sendiri, atau berhubungan dengan atasan atau rekan kerja kita.

Jika itu masalahnya, cobalah untuk mengingat mengapa kita memulai pekerjaan yang kita jalani sekarang. 

Alicia Rozycki, psikolog yang berbasis di Colorado, mengatakan bahwa mengingat hasrat, tujuan, dan nilai-nilai yang menarik kita ke dalam pekerjaan itu dapat menjadi motivator untuk tetap berada di jalur, bahkan bisa saja menemukan peluang yang lebih baik.

2. Fokus pada pencapaian kecil setiap hari

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Fatherly
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.