Kompas.com - 26/08/2021, 10:01 WIB

KOMPAS.com - Kopenhagen dinobatkan sebagai kota paling aman di dunia dalam studi luas baru yang dilakukan oleh Economist Intelligence Unit (EIU).

Dalam edisi keempat Safe Cities Index 2021, ibu kota Denmark itu melampaui negara-negara yang sebelumnya menempati peringkat atas kota teraman, seperti Tokyo, Singapura, dan Osaka.

Dalam studi lima pilar keamanan perkotaan, yakni digital, kesehatan, infrastruktur, pribadi dan lingkungan, Kopenhagen menempati peringkat teratas dengan 82,4 poin dari total 100 poin. Di bawah Kopenhagen, terdapat Toronto dengan 82,2 poin, diikuti kota lain seperti Singapura, Sydney, dan Tokyo.

Berikut daftar 10 kota paling aman di dunia menurut studi EIU:

  • Copenhagen.
  • Toronto.
  • Singapura.
  • Sydney.
  • Tokyo.
  • Amsterdam.
  • Wellington.
  • Hong Kong.
  • Melbourne.
  • Stockholm.

Baca juga: Kopenhagen Jadi Kota Terbaik 2021 Versi Majalah Monocle

Safe City Index EIU tahun ini menyusun peringkat dari 60 kota di dunia dengan 76 indikator keamanan untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang keselamatan perkotaan global.

Tahun ini, studi tersebut untuk kali pertama menyertakan metrik keamanan lingkungan.

Ini mencerminkan bahwa isu-isu berkelanjutan dan langkah-langkh terkait adaptasi iklim semakin dianggap penting, setelah pandemi Covid-19 terjadi.

Toronto dan Kopenhagen tampil lebih baik dalam pilar keamanan lingkungan daripada tiga kota teratas di tahun-tahun sebelumnya.

Singapura menempati urutan ketiga kota paling aman di dunia dalam Safe City Index yang dilakukan oleh Economist Intelligence Unit (EIU).UNSPLASH/SWAPNIL BAPAT Singapura menempati urutan ketiga kota paling aman di dunia dalam Safe City Index yang dilakukan oleh Economist Intelligence Unit (EIU).
Pandemi Covid-19 memengaruhi tingkat keamanan global

Menurut laporan tersebut, pandemi Covid-19 tak hanya memengaruhu keamanan kesehatan tetapi juga berdampak pada semua metrik keamanan.

"Covid-19 telah berdampak pada semua aspek keamanan perkotaan," kata direktur proyek Safe Cities Index EIU, Pratima Singh seperti dikutip CNBC.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.