Kompas.com - 26/08/2021, 11:47 WIB

KOMPAS.com - Spencer Elden, pria yang fotonya ketika masih bayi menjadi cover album legendaris Nevermind dari Nirvana, menggugat band tersebut dengan tuduhan eksploitasi seksual.

Pria yang kini sudah berusia 30 tahun itu menyebut gambar tersebut sebagai bentuk pornografi anak. Terlebih lagi, orangtua Elden mengaku tidak pernah menandatangani dokumen yang mengizinkan penggunaan gambar tersebut sebagai cover album band grunge ini.

Nirvana juga dikatakan berjanji untuk menutupi alat kelamin Elden yang masih bayi dengan stiker. Sayangnya, hal itu terbukti tidak dilakukan sehingga gambar area pribadinya itu menyebar luas.

"Gambar-gambar itu memperlihatkan bagian tubuh intim Spencer dan menunjukkan alat kelamin Spencer sejak dia masih bayi hingga saat ini," demikian bunyi dokumen hukum yang diajukan di Pengadilan California ini, dikutip dari BBC.

Baca juga: 30 Tahun Berlalu, Bayi di Sampul Album Nevermind Gugat Nirvana

Dalam sampul album kedua Nirvana itu, Elden, yang masih berusia empat bulan, digambarkan menyelam di kolam berair biru. Bayi menggemaskan itu terlihat berupaya menggenggam uang dollar Amerika Serikat (AS) yang digantung dengan tali pancing yang berada di hadapannya.

Pengacara Elden, Robert Y Lewis, mengatakan, keberadaan uang dollar AS itu membuat kliennya tampak seperti pekerja seks. Uang tersebut juga ditambahkan dengan sentuhan editing pasca-pemotretan.

Elden menuduh, identitas dan nama resminya harus terkait selamanya karena pengalaman eksploitasi seksual yang dialami ketika masih bayi itu. Terlebih lagi, potret yang bermasalah itu telah didistribusikan dan dijual ke seluruh dunia sejak dia masih bayi hingga saat ini.

Akibat pengalaman tersebut, ia mengaku telah menderita dan akan terus menderita kerusakan seumur hidup sebagai akibat dari karya seni tersebut. 

Kerugian ini termasuk tekanan emosional yang ekstrem dan permanen, gangguan dengan perkembangan normal ataupun kemajuan pendidikannya, dan kebutuhan untuk perawatan medis dan psikologis.

Baca juga: Marc Jacobs: Nirvana Tak Punya Hak Cipta Atas Logo Smiley Face

Menyeret Dave Grohl dan Courtney Love

Gugatan ini cukup mengejutkan bagi dunia dan penggemar Nirvana. Pasalnya, Elden tidak pernah menunjukkan keberatan soal cover album tersebut sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.