Kompas.com - 26/08/2021, 12:54 WIB
Ilustrasi makan bersama monkeybusinessimagesIlustrasi makan bersama

KOMPAS.com – Makan bersama bisa menjadi salah satu kesempatan bonding terbaik bagi anak.  Ketika sedang makan bersama, tiap anggota keluarga akan saling berbincang, memperhatikan, hingga tertawa bersama.

Jika dilakukan rutin kegiatan ini dapat memacu prestasi akademik anak-anak, meningkatkan harga diri mereka, dan mengurangi risiko depresi, kehamilan remaja, hingga penyalahgunaan zat terlarang.

Kegiatan makan bersama ini bisa dilakukan saat sarapan, makan siang, atau makan malam. Yang terpenting adalah saat makan orangtua juga berinteraksi positif dengan anak-anaknya.

Selama dua dekade terakhir, penelitian demi penelitian telah menunjukkan bahwa meluangkan beberapa menit setiap hari untuk mematikan layar ponsel dan benar-benar terhubung satu sama lain melalui makan bersama dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Baca juga: 7 Manfaat Makan Bersama, dari Lebih Sehat hingga Hilangkan Stres

Nah, ketahui apa saja keistimewaan makan bersama keluarga:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Mengajarkan anak-anak kebiasaan makan yang lebih baik

Sebuah studi di JAMA Network Open menunjukkan bahwa makan bersama dikaitkan dengan pola makan yang lebih baik, terutama di kalangan remaja.

Remaja yang makan bersama keluarga lebih cenderung mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran serta lebih sedikit makanan cepat saji dan minuman manis.

Temuan ini berlaku terlepas dari seberapa fungsional atau disfungsional sebuah keluarga.

2. Mencegah masalah psikososial yang serius

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Parents
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.