Kompas.com - 27/08/2021, 05:31 WIB

KOMPAS.com - Menerapkan gaya hidup sehat dengan menjaga pola makan dan rajin berolahraga sangat penting ketika kita memasuki usia lanjut.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa usia yang menua akan memengaruhi kinerja organ tubuh kita, termasuk kulit, jantung, otot, otak, dan banyak lagi.

Namun, penuaan bukanlah hal yang harus dikhawatirkan, selama kita memertahankan tujuh kebiasaan sehat ini dalam kehidupan sehari-hari.

1. Memandang penuaan secara positif

Sudut pandang atau persepsi kita mengenai penuaan dapat memengaruhi kesehatan kita, menurut studi yang dimuat dalam The Journal of American Medical Association.

Baca juga: Tampak Tak Menua, Ini 8 Rahasia Bugar Cristiano Ronaldo

Lansia yang menganggap masa tua adalah momen untuk menjadi lebih bijaksana memiliki kemungkinan lebih besar untuk pulih dari kecacatan (40 persen).

Angka tersebut dibandingkan mereka yang memandang penuaan sebagai masa di mana mereka menjadi tidak berdaya atau tidak berguna.

2. Mengonsumsi makanan bernutrisi

Nutrisi berperan penting dalam proses penuaan.

"Penelitian terbaru menunjukkan diet rendah glikemik seperti buah-buahan dan sayuran segar, biji-bijian, dan protein tanpa lemak adalah diet yang paling sehat."

Demikian diungkapkan Jeffrey Benabio, MD, Physician Director of Healthcare Transformation di Kaiser Permanente Primary Care.

Diet Mediterania adalah salah satu diet yang dapat dicoba. Diet ini mengutamakan nutrisi dari makanan nabati, kacang-kacangan, lemak sehat, biji-bijian, dan makanan laut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.