Kompas.com - 27/08/2021, 08:51 WIB
Ilustrasi sakit pinggang selama menstruasi Ilustrasi sakit pinggang selama menstruasi
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Haid terlambat atau tidak sesuai dengan jadwal kerap memunculkan pertanyaan, yaitu "Apakah saya hamil?"

"Semua orang mengira mereka hamil ketika menstruasi mereka terlambat," kata Wendy Goodall McDonald, MD, Spesialis Obstetri & Ginekologi di Chicago.

Tetapi menstruasi bisa terlambat karena berbagai alasan, dan itu tidak selalu mengarah pada kehamilan.

Sebelum kita pergi ke apotek setempat untuk membeli alat tes kehamilan, ketahui tentang faktor dan kondisi eksternal ini yang dapat menyebabkan menstruasi tertunda.

1. Kontrasepsi yang kita gunakan

Alat kontrol kehamilan atau kontrasepsi sering mengatur menstruasi kita. Wanita yang menggunakan pil KB siklus panjang tidak akan mengalami menstruasi pada siklus 28 hari yang khas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Itu dikarenakan oleh alat kontrasepsi ini bekerja dalam siklus 91 hari, artinya menstruasi kita akan datang setiap tiga bulan.

“Bila kita terus meminum pil aktif selama lebih dari 21 hari, biasanya lapisan rahim tetap stabil,” kata George Patounakis, M.D., Ph.D., FACOG, spesialis kesuburan Progyny di Florida.

Jenis kontrasepsi hormonal lainnya seperti alat kontrasepsi (IUD) dan suntikan Depo-Provera juga dapat menyebabkan menstruasi yang tidak teratur atau terlambat.

Namun, Dr. Patounakis memperingatkan bahwa tidak ada kontrasepsi yang 100 persen efektif untuk mencegah kehamilan, jadi jika kita tidak menstruasi seperti yang diharapkan, kita boleh saja untuk melakukan tes kehamilan.

Baca juga: Apa Saja Penyebab Kram Perut Sebelum Menstruasi?

Halaman:


Sumber Parents
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.