Kompas.com - 27/08/2021, 13:41 WIB
Ilustrasi ibu dan anak perempuan. SHUTTERSTOCKIlustrasi ibu dan anak perempuan.

KOMPAS.com - Masa remaja merupakan masa di mana ]anak mulai belajar untuk mengatasi perubahan hormon, sekolah, bahkan mencoba untuk "menyesuaikan diri" dengan dunia di sekitar mereka.

Terkhusus anak remaja perempuan biasanya mereka ingin bereksperimen dengan gaya rambut, pakaian, dan makeup.

Ini bisa mengkhawatirkan bagi orangtua mana pun karena menganggap mereka masih terlalu kecil, tetapi juga berusaha untuk berhati-hati dalam berkomentar.

Apakah anak remaja perempuan kita siap?

Tidak ada patokan usia ketika seorang anak menjadi cukup dewasa untuk merias diri, tetapi setidaknya kita bisa mengetahui kapan hal itu sesuai dengan perkembangannya.

Baca juga: Kenali Tanda Remaja Putri Jadi Korban Bullying Emosional

Hal-hal seperti riasan adalah "area abu-abu pengasuhan", yang berarti bahwa tidak ada aturan baku tentang masalah ini, dan kemungkinan itu tergantung pada masing-masing keluarga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika anak remaja kita ingin mulai memakai makeup, saran terbaik mungkin adalah memikirkan mengapa ia ingin berdandan, dan ada baiknya menemaninya saat berbebelanja.

Pastikan aman

Menurut Cleveland Clinic, jika anak remaja kita ingin memakai makeup, paling tidak yang bisa kita lakukan adalah memastikan produk yang dipakainya aman.

Ini berarti kita perlu melakukan sedikit riset. Jika memungkinkan, pilih produk yang memiliki sedikit bahan di dalamnya. Juga disarankan untuk memulai dengan lebih sedikit.

Halaman:


Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.