Kompas.com - 27/08/2021, 19:09 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Banyak yang beranggapan bahwa angka tujuh adalah angka keberuntungan.
Memang, di dunia ini, banyak sekali “kebetulan” yang berkaitan dengan angka 7, mulai dari 7 hari dalam seminggu, 7 skala musik, hingga 7 warna pelangi.

Namun, tetap saja hal di atas tak bisa menjelaskan mengapa angka 7 dianggap sebagai angka keberuntungan.

Kendati demikian, paparan di bawah ini mungkin dapat menjawab alasan di balik misteri angka 7.

Mengapa 7 dianggap sebagai simbol keberuntungan?

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, ada banyak hal yang berkaitan dengan angka 7 di dunia ini, mulai dari tujuh keajaiban dunia hingga tujuh dosa besar.

Meski terdengar seperti mitos dan kebetulan, nyatanya beberapa ahli matematika dan peneliti meyakini bahwa ada penjelasan spesifik mengapa angka tujuh sangat menarik perhatian orang banyak.

Salah satu dari ilmuwan itu adalah Alex Bellos, seorang ahli natematika dan penulis di The Guardian.

Untuk menjawab rasa penasarannya, ia membuat sebuah survei publik terkait angka favorit orang-orang, yang menghasilkan lebih dari 44.000 vote dari penggila angka di berbagai belahan dunia.

Para partisipan pun mengungkapkan berbagai alasan. Sebagian besar menjawab angka tersebut adalah tanggal bermakna, namun ada juga yang mengatakan bahwa angka yang dipilihnya memberi kehangatan.

Angka ganjil terlihat mengungguli angka genap, dan angka bulat yang diakhiri dengan 5 atau 0 terbukti “samar” bagi sebagian besar partisipan.

"Ketika kami mengatakan 100, biasanya bukan berarti 100, namun sekitar 100. Mengapa menyukai hal yang tidak pasti?” kata Bellos.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.