Kompas.com - 27/08/2021, 20:04 WIB
Kandungan metal dalam serat rambut bisa merusak rambut dan membuat proses pewarnaan rambut tak sesuai harapan. Dok L'Oreal ProfessionnelKandungan metal dalam serat rambut bisa merusak rambut dan membuat proses pewarnaan rambut tak sesuai harapan.

KOMPAS.com – Banyak orang tidak menyadari bahwa serat-serat rambutnya mengandung metal yang tinggi. Semakin tinggi kandungan metal, makin besar pula risiko kerusakan rambut.

Kandungan metal pada rambut bergantung pada tingkat porositas rambut dan juga kualitas air tempat tinggal. Menurut hasil riset, 67 persen masyarakat Indonesia memiliki kandungan metal yang tinggi di rambutnya.

Air terbersih pun, baik di dalam kamar mandi rumah atau di salon, masih bisa mengandung metal tinggi.

Kandungan metal itu berasal dari logam yang terkikis di pipa air, sehingga partikel metal menumpuk di dalam serat rambut.

Kondisi tersebut bisa merusak rambut dan memengaruhi hasil akhir pewarnaan rambut.

Baca juga: Dua Warna Rambut yang Cocok untuk Warna Kulit Wanita Indonesia

Senior Associate Disruptive Innovation Departement L’Oreal, Leila Hercouet menyebutkan, dari hasil kolaborasi riset dengan Universitas Ioannina terungkap efek tingginya kandungan metal di rambut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Tingginya kandungan metal dalam serat rambut menyebabkan kerusakan dan hasil pewarnaan balayage atau atau lightening yang tidak sesuai ekspektasi,” kata Hercouet.

Penata rambut Lie Kuang mengatakan, selama ini tidak diketahui mengapa hasil akhir pewarnaan rambut sering tidak sesuai harapan dan warnanya tidak tahan lama.

“Walau langkah dan upaya yang dilakukan sudah betul, tapi kita tidak bisa menjamin bahwa hasil akhir pewarnaan rambut akan sesuai. Sekarang sudah diketahui penyebab permasalahan ini,” kata pemilik salon Lie Kuang & Co Innovative Salon.

Selain itu, kandungan metal yang tinggi membuat rambut mudah patah.

Untuk menetralisir kandungan metal yang tinggi, kita bisa menggunakan molekul Glicoamine, zat aktif berukuran kecil yang bisa masuk ke dalam serat rambut untuk mengikat sekaligus menetralkan logam di rambut.

Baca juga: 11 Kesalahan dalam Merawat Rambut

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.