Kompas.com - 27/08/2021, 21:34 WIB
Menggunakan masker mata bisa membantu kita menciptakan lingkungan yang gelap dan membantu untuk cepat tidur. FREEPIK/SENIVPETROMenggunakan masker mata bisa membantu kita menciptakan lingkungan yang gelap dan membantu untuk cepat tidur.

KOMPAS.com - Tidur punya peran yang krusial terhadap kesehatan tubuh kita secara keseluruhan, tingkat energi, dan kemampuan fungsi tubuh kita bekerja dengan optimal.

Kebanyakan orang dewasa pada umumnya memerlukan tidur tujuh hingga delapan jam setiap malamnya agar merasa berenergi di pagi hari.

Jika mengalami susah tidur nyenyak secara berulang, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengamati kembali pola tidur kita. Catat berapa lama durasi tidur kita setiap malamnya, kenali penyebab susah tidur yang kita alami, serta catat bagaimana perasaan dan energi kita di pagi hari.

Setelah itu, cobalah beberapa strategi berikut sebagai cara untuk memperbaiki kualitas tidur kita. Teruslah berusaha melakukan perubahan sehingga kebiasaan tidur buruk di waktu sebelumnya bisa berkurang dan hilang.

Berikut cara tidur nyenyak yang dapat kita coba praktikkan di rumah:

1. Mengurangi cahaya dan suara

Dua faktor ini dapat berdampak terhadap kualitas dan kuantitas tidur kita.

Kegelapan menyebabkan otak kita melepaskan hormon melatonin sehingga kita merasa tenang dan mengantuk.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Itulah mengapa, penting untuk mengurangi paparan cahaya sebelum waktu tidur, tak hanya dari lampu kamar tetapi juga dari gawai yang kita gunakan.

Jika memungkinkan, taruh gawai jauh dari tempat tidur atau luar kamar tidur.

Jika masih kurang gelap, kita juga bisa menggunakan masker mata.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.