Kompas.com - 28/08/2021, 11:34 WIB
Ilustrasi tomat segar. PEXELS/ PIXABAYIlustrasi tomat segar.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tidak ada keraguan bahwa tomat adalah salah satu makanan serbaguna yang sering disantap dengan berbagai cara, baik langsung, sebagai jus, atau dalam sayuran.

Namun pernahkah kita bertanya apakah tomat termasuk buah atau sayur? Petani, koki, dan pengacara semuanya memiliki jawaban yang berbeda untuk pertanyaan ini.

Ada definisi hukum buah-buahan dan sayuran, serta yang ilmiah. Tomat sesuai dengan definisi ilmiah merupakan buah karena terbentuk dari bunga dan mengandung biji. Jadi secara botani, tomat adalah buah.

Namun, cara kita memakannya dan memperlakukannya dalam memasak, justru menunjukkan mereka termasuk dalam kategori sayuran.

Baca juga: Mau Panjang Umur? Cobalah Rutin Makan Tomat

Mengapa tomat adalah buah?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk menjawab pertanyaan “apakah tomat itu buah”, mari kita lihat definisi buah.

Menurut Merriam-Webster, buah-buahan adalah "tubuh reproduksi yang biasanya dapat dimakan dari tanaman biji, terutama: yang memiliki daging buah yang manis".

Tanaman tomat sebenarnya adalah tanaman berbiji yang menumbuhkan tomat merah yang bisa dimakan yang dikenal dan disukai orang. Meskipun tomat tidak dikenal semanis buah lain, tapi juga tidak sepahit beberapa sayuran.

Dengan mengingat definisi ini, segala sesuatu mulai dari paprika hingga mentimun juga buah, sedangkan wortel dan kentang tidak.

Kentang sebenarnya adalah kerabat jauh dari tomat. Namun, sebagai sayuran akar, mereka tidak sesuai dengan definisi "buah pokok" yang membuat tomat menjadi buah.

Baca juga: Manfaat Tomat Bagi Vitalitas Seksual Pria

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.