Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Audio Spasial, Bikin "Room" Clubhouse Terasa Lebih Nyata

Kompas.com - 30/08/2021, 13:20 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Platform Clubhouse memungkinkan banyak pengguna untuk berpartisipasi dalam "room" dan mendengarkan para pembicara yang mungkin sulit ditemui secara langsung.

Terbaru, Clubhouse meluncurkan fitur audio spasial. Audio spasial Clubhouse adalah fitur yang dirancang untuk membuat para penggunanya merasa lebih larut dalam percakapan dengan membuat pembicara yang ada di room terasa lebih hidup dan berada di dekat kita.

Audio spasial meniru cara kita menangkap dan memproses suara ketika berada di ruangan yang sama, dengan mengatur jarak masing-masing speaker di headset atau sistem stereo yang terdapat di mobil.

Selain itu, sumber musik atau stereo akan diposisikan sedemikian rupa untuk menjaga jarak antar musik atau stereo itu sendiri.

Di sisi lain, bagi para kreator, audio spasial akan memperluas ruang kreasi dan eksperimen dengan kekuatan audio yang ada di aplikasi ini.

"Bayangkan apabila sebuah room menceritakan sebuah cerita horor, di mana para pendengar dapat mendengar dengan lebih jelas suara roh jahat bergerak di sekitar rumah atau bahkan berbisik di telinga mereka?"

"Sama halnya dengan pertunjukan musik atau komedi dimana para pendengar dapat mendengarkan suara tepuk tangan atau suara tawaan secara jelas dari orang-orang yang ada di room yang sama," demikian seperti dikutip Kompas.com dari keterangan tertulis Clubhouse.

Baca juga: Para Pembicara Ternama TED Kini Ada di Clubhouse

Bagaimana fitur ini bekerja?

Otak manusia bekerja ibarat instrumen yang dapat memproses isyarat seperti jarak, frekuensi, dan getaran untuk lebih memahami dari mana suatu suara berasal.

Untuk menciptakan pengalaman audio spasial ini, software yang ada di Clubhouse akan terlebih dahulu menetapkan posisi untuk setiap pembicara di sebuah room, kemudian secara merata menetapkan posisi tersebut agar seluruh pengguna dapat merasakan pengalaman mendengarkan suara dengan lebih jelas dan maksimal.

Lalu software ini mengaktifkan Head Related Transfer Function (HRTF) dan beberapa pemroses suara tambahan untuk tiap suara. Itu dilakukan agar suara yang dikeluarkan oleh pembicara terdengar seakan-akan datang dari satu posisi spesifik.

"Software ini bahkan bisa diaplikasikan ke dalam sumber stereo, misalnya musik, untuk kemudian memberikan pengalaman dan efek stereo layaknya di suatu lingkungan spasial," tulis keterangan tersebut.

Namun, fitur Audio Spasial baru akan tersedia untuk para pengguna iOS dan segera dapat dirasakan oleh para pengguna Android.

Baca juga: Daftar Clubhouse Kini Tak Perlu Undangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com