Kompas.com - 30/08/2021, 13:20 WIB
Ilustrasi Clubhouse. UNSPLASH/NATHANA REBOUCASIlustrasi Clubhouse.

KOMPAS.com - Platform Clubhouse memungkinkan banyak pengguna untuk berpartisipasi dalam "room" dan mendengarkan para pembicara yang mungkin sulit ditemui secara langsung.

Terbaru, Clubhouse meluncurkan fitur audio spasial. Audio spasial Clubhouse adalah fitur yang dirancang untuk membuat para penggunanya merasa lebih larut dalam percakapan dengan membuat pembicara yang ada di room terasa lebih hidup dan berada di dekat kita.

Audio spasial meniru cara kita menangkap dan memproses suara ketika berada di ruangan yang sama, dengan mengatur jarak masing-masing speaker di headset atau sistem stereo yang terdapat di mobil.

Selain itu, sumber musik atau stereo akan diposisikan sedemikian rupa untuk menjaga jarak antar musik atau stereo itu sendiri.

Di sisi lain, bagi para kreator, audio spasial akan memperluas ruang kreasi dan eksperimen dengan kekuatan audio yang ada di aplikasi ini.

"Bayangkan apabila sebuah room menceritakan sebuah cerita horor, di mana para pendengar dapat mendengar dengan lebih jelas suara roh jahat bergerak di sekitar rumah atau bahkan berbisik di telinga mereka?"

"Sama halnya dengan pertunjukan musik atau komedi dimana para pendengar dapat mendengarkan suara tepuk tangan atau suara tawaan secara jelas dari orang-orang yang ada di room yang sama," demikian seperti dikutip Kompas.com dari keterangan tertulis Clubhouse.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Para Pembicara Ternama TED Kini Ada di Clubhouse

Bagaimana fitur ini bekerja?

Otak manusia bekerja ibarat instrumen yang dapat memproses isyarat seperti jarak, frekuensi, dan getaran untuk lebih memahami dari mana suatu suara berasal.

Untuk menciptakan pengalaman audio spasial ini, software yang ada di Clubhouse akan terlebih dahulu menetapkan posisi untuk setiap pembicara di sebuah room, kemudian secara merata menetapkan posisi tersebut agar seluruh pengguna dapat merasakan pengalaman mendengarkan suara dengan lebih jelas dan maksimal.

Lalu software ini mengaktifkan Head Related Transfer Function (HRTF) dan beberapa pemroses suara tambahan untuk tiap suara. Itu dilakukan agar suara yang dikeluarkan oleh pembicara terdengar seakan-akan datang dari satu posisi spesifik.

"Software ini bahkan bisa diaplikasikan ke dalam sumber stereo, misalnya musik, untuk kemudian memberikan pengalaman dan efek stereo layaknya di suatu lingkungan spasial," tulis keterangan tersebut.

Namun, fitur Audio Spasial baru akan tersedia untuk para pengguna iOS dan segera dapat dirasakan oleh para pengguna Android.

Baca juga: Daftar Clubhouse Kini Tak Perlu Undangan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.