Kompas.com - 30/08/2021, 13:27 WIB
Ilustrasi olahraga di kantor shutterstockIlustrasi olahraga di kantor

KOMPAS.com - Penuaan memang hal yang pasti akan kita alami. Namun, setiap orang tentu berharap bisa awet muda. Nah, kita sebenarnya bisa memperlambat penuaan dengan mengubah gaya hidup. 

Penuaan sendiri tak selalu terlihat di kulit, tetapi juga dimulai dari tingkat sel hingga penurunan fungsi organ. Berikut adalah kebiasaan sehari-hari yang perlu kita ubah untuk memperlambat datangnya penuaan:

1. Stres

Stres adalah musuh telomer, bagian kecil yang penting di ujung setiap untai DNA yang bertanggung jawab untuk melindungi kromosom.

Secara alami telomer memang memendek seiring bertambahnya usia, namun stres kronis bisa mempercepat.

Banyak cara untuk mengurangi stres secara sehat, mulai dari berolahraga, meditasi, cukup tidur, hingga meminta bantuan profesional jika rasa stres itu mulai mengganggu hidup kita.

Baca juga: Optimisme, Stres, dan Coping Stress di Masa Pandemi Covid-19

2. Pola makan yang buruk

Konsumsi makanan yang tinggi lemak trans buatan pabrik, gula, dan makanan cepat saji yang diproses secara berlebihan adalah resep untuk mengalami penuaan dengan cepat.

"Gula olahan, karbohidrat, dan alkohol berlebih diketahui dapat mempercepat peradangan," kata Melanie Keller ND, dokter naturopati.

Peradangan kronis tidak hanya merupakan penyebab utama penuaan dini, tetapi juga dapat menyebabkan penyakit seperti diabetes, kanker, Alzheimer, dan penyakit jantung.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber eatthis
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.