Kompas.com - 30/08/2021, 15:16 WIB
Menyantap seporsi kuliner pisang epe dengan baluran saus gula merah rasa durian di pinggir Anjungan Pantai Losari, Rabu, (11/02/2015). Wahyu Adityo ProdjoMenyantap seporsi kuliner pisang epe dengan baluran saus gula merah rasa durian di pinggir Anjungan Pantai Losari, Rabu, (11/02/2015).
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Gula terkenal sebagai salah satu penghalang diet. Tak mengherankan memang, sebab, gula dapat membuat berat badan meningkat drastis.

Namun, di tengah-tengah galaunya para penikmat makanan manis, mendadak muncul isu yang mengatakan bahwa gula merah atau brown sugar dapat digunakan oleh mereka yang sedang diet sebagai pengganti gula pasir.

Pertanyaannya, benarkah gula merah itu sehat dan baik bagi mereka yang tengah berjuang untuk menurunkan berat badan?

Untuk mengetahuinya, simak paparan berikut ini.

Keuntungan kesehatan dari gula merah

Tak hanya populer sebagai pengganti gula pasir, nyatanya gula merah memiliki banyak manfaat.

Gula merah kaya akan potassium, magnesium, vitamin B1, B6 dan C. Selain itu, gula merah memiliki beberapa senyawa fenolik yang melawan stres oksidatif dan bekerja untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Gula merah juga memiliki berbagai vitamin dan antioksidan, serta serat yang dapat memperlancar aliran pencernaan, membersihkan racun, dan menjaga sistem kesehatan tubuh. Jadi, bisa dibilang gula merah lebih bernutrisi dan lebih sehat dari gula pasir.

Namun, rasa gula merah sedikit lebih “hambar” jika dibandingkan dengan gula pasir, sehingga membuat beberapa orang menambahkan gula merah berlebih pada minuman atau makanan mereka.

Misalnya, jika seseorang biasanya menambahkan satus sendok gula pasir ke dalam kopi atau teh, mereka yang tidak terbiasa akan menambahkan gula merah lebih dari porsi umumnya. 

Apakah bisa mengganti gula pasir dalam diet?

Meski memiliki banyak manfaat, perlu diingat bahwa menggunakannya berlebihan atau tidak memahami kandungan nutrisinya dapat membatalkan semua keuntungan itu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.