Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Brand untuk Bisnis, Coba Ikuti 4 Tips Berikut

Kompas.com - 30/08/2021, 16:18 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Membuat brand atau merek yang bagus menjadi salah satu kunci sukses membangun bisnis dan bisa bersaing dengan brand lokal lain. Apalagi jika brand tersebut juga didukung strategi pemasaran yang tepat.

Marketing Communications brand kecantikan Madame Gie, Githa Lucentia dan Senior Business Development Manager Zilingo Indonesia, Jamilah, membagikan beberapa tips membuat brand untuk bisnis yang bisa kita coba praktikkan:

1. Menentukan target pelanggan

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, apakah membuat merek itu penting? Jawabannya, tentu iya. Namun, ini bukanlah hal sepele.

Sering kali para pelaku usaha asal-asalan dalam menentukan brand, yang pada akhirnya membuat usaha yang dijalankan tidak optimal.

Kesalahan umum yang sering dilakukan para pelaku UMKM dalam membangun identitas brand adalah tidak menentukan target pelanggan yang jelas.

Para pelaku usaha harus tahu dan mengenali siapa pelanggannya, apa kebiasaan mereka, pola perilaku yang dimiliki, hingga hal-hal kesukaan mereka.

"Penting bagi kita untuk melakukan riset terlebih dahulu mengenai target audiens kita sendiri."

"Dengan mengetahui dengan jelas siapa target audiensnya, kita bisa konsisten dalam menyuguhkan konten promosi produk," ujarnya, seperti dikutip Kompas.com dari keterangan tertulis.

Baca juga: Mayoritas Gen Z dan Milenial Ingin Punya Bisnis Sendiri

2. Bentuk identitas brand yang tegas

Saat ini, banyak orang merintis bisnis. Hal itu membuat persaingan bisnis semakin ketat.

Di bidang kecantikan, misalnya, sudah banyak sekali brand yang mengklaim produknya berbahan alami, menggunakan formula yang awet, hingga mengadopsi tampilan yang ceria untuk kalangan remaja.

Itu adalah salah satu contoh bagaimana brand tersebut membangun identitas yang sangat jelas dan menonjolkan keunggulan produknya dibandingkan kompetitor di industri yang sama.

Membangun identitas brand dan menonjolkan keunggulan produk lewat branding dapat memaksimalkan strategi pemasaran produk.PEXELS/KAROLINA GRABOWSKA Membangun identitas brand dan menonjolkan keunggulan produk lewat branding dapat memaksimalkan strategi pemasaran produk.
3. Membangun kepercayaan pelanggan dengan baik

Ketika membangun brand, penting untuk membuka akses luas terhadap pelanggan sehingga produk dan jasa dapat dijangkau dengan mudah.

Namun, penting pula melakukan pendekatan khusus dari brand ke konsumen.

Githa mencontohkan, jadilah brand yang bersahabat bagi semua kalangan dari kelas sosial berbeda. Madame Gie, misalnya, selalu melibatkan pelanggan ketika melakukan live streaming di media sosial.

Hal itu ditunjukkan agar pelanggan memiliki ikatan dengan brand yang digunakannya dan akhirnya membangun rasa kepercayaan serta loyalitas.

Baca juga: 17 Pekerjaan yang Bisa Dikerjakan di Rumah dan Hasilkan Banyak Uang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com