Kompas.com - 30/08/2021, 16:18 WIB
Ilustrasi membangun brand untuk bisnis. PEXELS/FAUXELSIlustrasi membangun brand untuk bisnis.

KOMPAS.com - Membuat brand atau merek yang bagus menjadi salah satu kunci sukses membangun bisnis dan bisa bersaing dengan brand lokal lain. Apalagi jika brand tersebut juga didukung strategi pemasaran yang tepat.

Marketing Communications brand kecantikan Madame Gie, Githa Lucentia dan Senior Business Development Manager Zilingo Indonesia, Jamilah, membagikan beberapa tips membuat brand untuk bisnis yang bisa kita coba praktikkan:

1. Menentukan target pelanggan

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, apakah membuat merek itu penting? Jawabannya, tentu iya. Namun, ini bukanlah hal sepele.

Sering kali para pelaku usaha asal-asalan dalam menentukan brand, yang pada akhirnya membuat usaha yang dijalankan tidak optimal.

Kesalahan umum yang sering dilakukan para pelaku UMKM dalam membangun identitas brand adalah tidak menentukan target pelanggan yang jelas.

Para pelaku usaha harus tahu dan mengenali siapa pelanggannya, apa kebiasaan mereka, pola perilaku yang dimiliki, hingga hal-hal kesukaan mereka.

"Penting bagi kita untuk melakukan riset terlebih dahulu mengenai target audiens kita sendiri."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dengan mengetahui dengan jelas siapa target audiensnya, kita bisa konsisten dalam menyuguhkan konten promosi produk," ujarnya, seperti dikutip Kompas.com dari keterangan tertulis.

Baca juga: Mayoritas Gen Z dan Milenial Ingin Punya Bisnis Sendiri

2. Bentuk identitas brand yang tegas

Saat ini, banyak orang merintis bisnis. Hal itu membuat persaingan bisnis semakin ketat.

Di bidang kecantikan, misalnya, sudah banyak sekali brand yang mengklaim produknya berbahan alami, menggunakan formula yang awet, hingga mengadopsi tampilan yang ceria untuk kalangan remaja.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.