Kompas.com - 30/08/2021, 18:45 WIB
Bateeq, brand fashion lokal yang fokus pada printed ready to wear batik merilis koleksi terbaru bertema Nostalgia Vicky TanzilBateeq, brand fashion lokal yang fokus pada printed ready to wear batik merilis koleksi terbaru bertema Nostalgia

KOMPAS.com - Bateeq, merek busana siap pakai batik, baru saja merilis 21 item koleksi runway terbaru bertema Nostalgia.

Koleksi yang terdiri dari delapan pakaian pria dan 13 pakaian wanita ini masih tetap mengedepankan ciri khas brand ini. Potongannya modern dan chic, namun dengan sentuhan motif batik yang menjadi kekayaan budaya Indonesia.

Dikemas dengan gaya sartorial dan sentuhan preppy, koleksi Nostalgia mengaplikasikan nuansa retro dalam motif batik.

Kombinasi ini mungkin tergolong unik dan masih jarang dipakai namun sukses dihadirkan Bateeq dalam koleksi terbaru pakaian non formalnya ini.

Baca juga: Member Super Junior Pakai Batik Rancangan Ridwan Kamil, Berapa Harganya?

Salah satu koleksi Nostalgia dari Bateeq yang mengkaryakan kain lurik hasil produk pengrajin lansia di KlatenVicky Tanzil Salah satu koleksi Nostalgia dari Bateeq yang mengkaryakan kain lurik hasil produk pengrajin lansia di Klaten
Desainer Bateeq, Galuh Nurita menggunakan motif Tinari sebagai corak utama. Tinari yang diartikan sebagai perhitungan khusus dalam perjodohan dalam Weton Jawa memiliki harapan tersendiri.

Harapan pada pasangan Tinari digambarkan dalam dua jenis motif yaitu motif Kawung dan Banji. Kawung yang berbentuk bulat berarti kesempurnaan, kemurnian dan kesucian, sedangkan motif Banji yang berupa garis melambangkan keteraturan dalam kehidupan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menguaraikan, tema nostalgia diambil sebagai upaya untuk mengenang masa lalu yang lebih menyenangkan tanpa adanya pandemi.

"Kita membayangkan Indonesia di tahun 80an sampai 90an itu kayak apa, tanpa masker untuk hanging out, terasa lebih menyenangkan," ujarnya.

Tekstur batik Kawung pada kain Jacquard dihadirkan dalam dua warna yaitu biru tua dan krem.

Baca juga: Bateeq Tetap Konsisten Mendesain Batik untuk Orang Muda

Selain itu, daya tarik utama dalam keseluruhan koleksi ini ada pada detail layer dan kerah yang
dapat difungsikan menjadi tali atau pita dengan siluet yang loose.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.