BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Super Indo

Bermanfaat bagi Kesehatan, Berikut 3 Alasan Penting Mengonsumsi Buah

Kompas.com - 31/08/2021, 08:29 WIB
Ilustrasi memakan buah-buahan Shutterstock/Happy TogetherIlustrasi memakan buah-buahan

KOMPAS.comBuah memiliki peran penting terhadap kesehatan tubuh manusia. Selain membantu menyeimbangkan gizi, konsumsi buah secara rutin dapat membantu seseorang terhindar dari penyakit berbahaya.

Agar manfaat bisa didapat secara maksimal, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan tiap orang untuk mengonsumsi buah setidaknya 150 gram dalam sehari.

Sayangnya, tingkat konsumsi buah-buahan masyarakat Indonesia masih tergolong rendah. Bahkan, masih jauh dari rekomendasi WHO.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutan pembukaan Gelar Buah Nusantara 2021 mengatakan, tingkat konsumsi buah masyarakat Indonesia baru mencapai 88,5 gram per orang per hari. Padahal, Indonesia memiliki beragam jenis buah-buahan.

Rendahnya konsumsi buah masyarakat Indonesia juga terekam oleh data Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO).

Mengutip pemberitaan Kompas.id, Kamis (1//7/2021), data FAO menyebut bahwa tingkat konsumsi buah Indonesia hanya berkisar 32,4 kilogram per kapita per tahun. Angka ini jauh dari standar ideal, yakni sekitar 73 kilogram per kapita per tahun.

Untuk itu, Presiden pun mengajak masyarakat untuk mengonsumsi buah lebih banyak. Apalagi, pada masa pandemi seperti sekarang.

“Mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur sangat penting untuk membantu kondisi tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Kita punya banyak buah-buahan khas Indonesia yang mudah diperoleh, terjangkau harganya, dan mengandung banyak vitamin yang menyehatkan tubuh," tutur Jokowi seperti diberitakan Kompas.com, Senin (9/8/2021).

Untuk tahu lebih dalam manfaat mengonsumsi buah, simak ulasan berikut.

Lancarkan pencernaan

Saluran cerna merupakan salah satu bagian penting pada tubuh manusia. Pasalnya, sebanyak 70-80 persen sel imun berada pada saluran tersebut.

Selain itu, 95 persen serotonin atau hormon pembawa kebahagiaan dihasilkan pada saluran pencernaan.

Dengan rajin mengonsumsi buah dan sayur, seseorang dapat terhindar dari risiko konstipasi atau sembelit serta membantu mencegah pendarahan pada usus.

Selain menjaga kesehatan pencernaan, konsumsi makanan berserat seperti buah juga membantu untuk menurunkan kadar kolesterol berlebih di dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung serat, folat, vitamin A, C, dan E yang tinggi. Sebagai contoh pepaya, apel, pisang, alpukat, kiwi, dan jeruk.

Bantu capai berat badan ideal

Buah dapat digunakan untuk diet dalam mencapai berat badan ideal. Bagi penderita obesitas atau berat badan berlebih, buah-buahan wajib dimasukkan dalam menu diet.

Pasalnya, buah mengandung rendah lemak dan kalori. Selain itu, buah juga memiliki kadar serat dan air yang banyak.

Saat mengonsumsi buah, seseorang cenderung merasa lebih kenyang dibanding makanan lainnya.

Sumber vitamin dan mineral

Sudah menjadi rahasia umum bahwa buah dan sayuran merupakan makanan yang kaya akan multivitamin dan mineral.

Untuk diketahui, buah-buahan merupakan makanan yang memiliki mikronutrien yang diperlukan untuk pembentukan hormon, aktivitas enzim, menambah energi, imunitas, dan sebagai antioksidan. Selain itu, buah juga memiliki kandungan serat, vitamin, mineral, dan zat besi.

Sebagai contoh jeruk. Buah yang identik dengan warna oranye ini memiliki kandungan vitamin C tinggi yang dapat meningkatkan produksi sel darah putih dan berguna untuk melawan infeksi.

Satu buah jeruk biasa yang berukuran sedang bisa menyediakan 70 miligram (mg) vitamin C. Jumlah tersebut menyumbang 78 persen dari jumlah kebutuhan vitamin C harian orang dewasa, yakni 75 mg untuk wanita dan 90 mg untuk pria.

Ilustrasi anak memakan buah-buahanShutterstock/wong sze yuen Ilustrasi anak memakan buah-buahan

Selain itu, vitamin C dapat membantu mendorong pertumbuhan dan penyebaran limfosit, sejenis sel kekebalan yang meningkatkan antibodi melalui protein dengan cara melawan zat berbahaya dalam darah.

Agar bisa mendapatkan manfaat buah secara maksimal, pilihlah buah-buahan dengan kondisi segar seperti produk buah yang ada di Super Indo.

Di ulang tahun ke-24, Super Indo menginisiasi Gerakan Makan Buah Tiap Hari sebagai komitmen dalam membangun kebiasaan “Makan Lebih Baik dan Hidup Lebih Sehat”, khususnya di pandemi sebagai upaya untuk meningkatkan imunitas dengan asupan nutrisi alami.

Pada gerakan tersebut, Super Indo bekerja sama dengan ahli nutrisi, chef, dan influencer untuk mengampanyekan pentingnya makan buah tiap hari, mulai dari menginspirasi masyarakat melalui acara virtual Fruit Talks Series hingga mengeksplorasi resep unik dari aneka buah.

Sebagai bentuk komitmen terhadap kelestarian lingkungan, Super Indo juga mengedukasi penggunaan tas belanja (green bag) yang dapat digunakan berulang saat berbelanja buah-buahan segar dan terjangkau.

Tunggu apalagi? Mulai sekarang makan buah tiap hari dan temukan berbagai inspirasi #KuatDenganBuah lewat Instagram @infosuperindo.

Untuk informasi menarik soal buah dan resep lainnya, silakan kunjungi www.superindo.co.id.

Mari bersama Makan lebih Baik, Hidup lebih Sehat.


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.