Kompas.com - 31/08/2021, 09:11 WIB
Ilustrasi minum susu FoxnewsIlustrasi minum susu
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sering minum susu bisa bikin jerawatan. Itulah salah satu anggapan yang sering kita dengar.

Namun Cara Harbstreet, ahli diet dari Street Smart Nutrition, mengatakan bahwa peran susu dalam kemunculan jerawat sebenarnya masih belum jelas.

"Sedikit saja bukti yang menunjukkan bahwa mengonsumsi susu menyebabkan jerawat, meskipun ada hubungan antara konsumsi susu dan tingkat keparahan jerawat," jelasnya.

"Penelitian menunjukkan bahwa pada remaja, makan makanan olahan susu memang dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat," jelas ahli gizi Dr. Kellyann Petrucci.

Dr. Petrucci menambahkah, salah satu alasannya adalah karena susu mengandung hormon seperti faktor pertumbuhan IGF-1 dan hormon androgen yang dapat membuat hormon kita tidak seimbang, dan inilah yang menjadi penyebab utama jerawat.

Baca juga: Peneliti Ungkap Dua Jenis Makanan yang Berkaitan dengan Jerawat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, susu juga kaya akan karbohidrat, selain dikenal sebagai minuman berprotein tinggi.

Menambahkan segelas susu setiap kali makan dapat meningkatkan asupan karbohidrat kita sebanyak 40 gram per hari dan ini bisa memunculkan masalah kulit.

Walau remaja paling mungkin jerawatan karena konsumsi susu, dokter kulit bersertifikat Dr. Dendy Engelman mengatakan bahwa yang tidak toleran laktosa atau memiliki sensitivitas laktosa atau alergi juga rentan terhadap jerawat.

Namun, Dr. Petrucci mengatakan bahwa remaja adalah yang paling rentan.

"Hormon mereka sedang liar, dan kebanyakan dari mereka mengonsumsi junk food tinggi kalori seperti pizza dan kentang goreng," 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.