Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/08/2021, 10:53 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siapa pun yang pernah hidup bersama dengan anjing pasti tahu bahwa biasanya hewan ini tidak memiliki usia yang panjang.

Kebanyakan anjing hanya hidup rata-rata sekitar 10-14 tahun, meskipun beberapa ada yang mungkin secara alami hidup lebih lama.

Tetapi, yang tidak diketahui banyak orang adalah manusia dan anjing memiliki banyak kesamaan genetik, termasuk kecenderungan penyakit kanker terkait usia.

Ini berarti bahwa banyak hal yang dapat dilakukan manusia untuk menjadi lebih sehat dan berumur lebih panjang, dapat berhasil juga untuk anjing.

Baca juga: Mengendus Bisa Buat Anjing Bahagia, Mengapa?

Lebih lanjut, berikut adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk membantu anjing hidup lebih lama dan lebih sehat, seperti yang dilansir dari laman Science Alert.

1. Perhatikan berat badannya

Ilustrasi anjing sedang makan. PIXABAY/MAT COULTON Ilustrasi anjing sedang makan.
Salah satu faktor yang berulang kali dikaitkan dengan usia yang lebih panjang di berbagai spesies adalah mempertahankan berat badan yang sehat.

Itu berarti memastikan anjing tidak memiliki kelebihan berat badan dan mengelola asupan kalorinya dengan hati-hati.

Berat badan yang sehat tidak hanya akan lebih baik untuk anjing dalam jangka panjang, tetapi juga membantu membatasi dampak kondisi kesehatan tertentu seperti osteoartritis.

Pantau dan kelola berat badan anjing dengan hati-hati melalui penimbangan rutin atau penilaian kondisi tubuh, di mana kita melihat bentuk fisik anjing dan "skor" pada berat badan yang sehat.

Menggunakan kedua metode ini bersama-sama akan memungkinkan kita untuk mengidentifikasi perubahan berat badan dan mengubah diet anjing sesuai kebutuhan.

Kita juga dapat menggunakan pedoman pemberian makan sebagai titik awal untuk mengetahui seberapa banyak memberi makan anjing.

Namun, kita mungkin perlu mengubah jenis makanan atau jumlah yang diberikan untuk mempertahankan berat badan yang sehat seiring bertambahnya usia anjing atau tergantung pada seberapa banyak aktivitas yang dilakukan.

Mengetahui dengan tepat berapa banyak kita memberi makan anjing juga merupakan alat manajemen berat badan yang penting.

Secara umum, nutrisi yang baik dapat dikaitkan dengan proses penuaan yang sehat dan menunjukkan bahwa apa yang dimakan sama pentingnya dengan seberapa banyak kita memberi makan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com