Kompas.com - 31/08/2021, 10:53 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Siapa pun yang pernah hidup bersama dengan anjing pasti tahu bahwa biasanya hewan ini tidak memiliki usia yang panjang.

Kebanyakan anjing hanya hidup rata-rata sekitar 10-14 tahun, meskipun beberapa ada yang mungkin secara alami hidup lebih lama.

Tetapi, yang tidak diketahui banyak orang adalah manusia dan anjing memiliki banyak kesamaan genetik, termasuk kecenderungan penyakit kanker terkait usia.

Ini berarti bahwa banyak hal yang dapat dilakukan manusia untuk menjadi lebih sehat dan berumur lebih panjang, dapat berhasil juga untuk anjing.

Baca juga: Mengendus Bisa Buat Anjing Bahagia, Mengapa?

Lebih lanjut, berikut adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk membantu anjing hidup lebih lama dan lebih sehat, seperti yang dilansir dari laman Science Alert.

1. Perhatikan berat badannya

Ilustrasi anjing sedang makan. PIXABAY/MAT COULTON Ilustrasi anjing sedang makan.
Salah satu faktor yang berulang kali dikaitkan dengan usia yang lebih panjang di berbagai spesies adalah mempertahankan berat badan yang sehat.

Itu berarti memastikan anjing tidak memiliki kelebihan berat badan dan mengelola asupan kalorinya dengan hati-hati.

Berat badan yang sehat tidak hanya akan lebih baik untuk anjing dalam jangka panjang, tetapi juga membantu membatasi dampak kondisi kesehatan tertentu seperti osteoartritis.

Pantau dan kelola berat badan anjing dengan hati-hati melalui penimbangan rutin atau penilaian kondisi tubuh, di mana kita melihat bentuk fisik anjing dan "skor" pada berat badan yang sehat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.