Kompas.com - 31/08/2021, 19:21 WIB
Ada berbagai macam alasan mengapa anjing makan rumput Unsplash/Casey CalhounAda berbagai macam alasan mengapa anjing makan rumput
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sebagai pemilik anjing, kita mungkin bertanya-tanya mengapa anjing peliharaan kita suka makan rumput saat berjalan-jalan di taman atau halaman depan rumah.

Apakah anjing itu sedang merasa lapar, bosan, atau sakit? Dan, apakah makan rumput akan menyakitinya?

Dilansir dari laman Pet WebMD, hal ini mungkin terjadi karena pica, gangguan makan yang ditandai dengan mengonsumsi sesuatu yang bukan makanannya.

Terkadang, pica menunjukkan bahwa anjing kita memiliki beberapa jenis kekurangan nutrisi, meskipun sering kali itu hanya tanda kebosanan, terutama ketika dilakukan oleh anak anjing.

Anjing makan rumput sebenarnya cukup umum (telah diamati pada anjing liar juga, dan mungkin benar-benar alami) dan bentuk pica ini biasanya tidak menyebabkan masalah.

Faktanya, sebagian besar dokter hewan menganggapnya sebagai perilaku anjing yang normal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Satu studi skala kecil dari 49 pemilik anjing yang anjingnya memiliki akses rutin ke rumput dan tanaman lain menemukan bahwa 79 persen anjing pernah memakan tanaman.

Survei lain tentang anjing pemakan tumbuhan menemukan bahwa rumput adalah tanaman yang paling sering dimakan.

Baca juga: 5 Alasan Anjing Makan Kotorannya Sendiri

Alasan lain anjing makan rumput

Ada berbagai alasan mengapa anjing peliharaan kita suka makan rumput di halaman rumah, selain mungkin karena mengalami gangguan makan pica.

Halaman:


Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.