Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/08/2021, 19:21 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber WebMD

KOMPAS.com - Sebagai pemilik anjing, kita mungkin bertanya-tanya mengapa anjing peliharaan kita suka makan rumput saat berjalan-jalan di taman atau halaman depan rumah.

Apakah anjing itu sedang merasa lapar, bosan, atau sakit? Dan, apakah makan rumput akan menyakitinya?

Dilansir dari laman Pet WebMD, hal ini mungkin terjadi karena pica, gangguan makan yang ditandai dengan mengonsumsi sesuatu yang bukan makanannya.

Terkadang, pica menunjukkan bahwa anjing kita memiliki beberapa jenis kekurangan nutrisi, meskipun sering kali itu hanya tanda kebosanan, terutama ketika dilakukan oleh anak anjing.

Anjing makan rumput sebenarnya cukup umum (telah diamati pada anjing liar juga, dan mungkin benar-benar alami) dan bentuk pica ini biasanya tidak menyebabkan masalah.

Faktanya, sebagian besar dokter hewan menganggapnya sebagai perilaku anjing yang normal.

Satu studi skala kecil dari 49 pemilik anjing yang anjingnya memiliki akses rutin ke rumput dan tanaman lain menemukan bahwa 79 persen anjing pernah memakan tanaman.

Survei lain tentang anjing pemakan tumbuhan menemukan bahwa rumput adalah tanaman yang paling sering dimakan.

Baca juga: 5 Alasan Anjing Makan Kotorannya Sendiri

Alasan lain anjing makan rumput

Ada berbagai alasan mengapa anjing peliharaan kita suka makan rumput di halaman rumah, selain mungkin karena mengalami gangguan makan pica.

Beberapa orang menyebutkan bahwa anjing mungkin beralih makan rumput ketika merasa tidak enak badan sebagai cara untuk membuat dirinya muntah dan kemudian merasa lebih baik.

Sementara, yang lain membantah gagasan ini, atas dasar bahwa anjing tidak terbukti cukup pintar untuk memutuskan mengobati sakit perut dengan makan rumput.

Faktanya, kurang dari 10 persen anjing tampak sakit sebelum makan rumput, menurut pemiliknya.

Dan makan rumput biasanya tidak menyebabkan muntah karena hanya kurang dari 25 persen anjing yang makan rumput muntah secara teratur setelah merumput.

Alasan lain mengapa anjing mungkin makan rumput, termasuk memperbaiki pencernaan, mengobati cacingan, atau memenuhi beberapa kebutuhan nutrisi yang tidak terpenuhi seperti serat.

Halaman:
Sumber WebMD
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com