Kompas.com - 01/09/2021, 13:14 WIB
Ilustrasi pijat spa. PEXELS/ANDREA PIACQUADIOIlustrasi pijat spa.

KOMPAS.com - Indonesia Wellness Master Association (IWMA), Wellness & Healthcare Entrepreneur Association (WHEA) & Indonesia Wellness Spa Professional Association (IWSPA d/h INDSPA) menggelar Indonesia Wellness Tourism International Festival (IWTIF) yang berlangsung pada 1-30 September 2021 secara virtual.

Gelaran yang juga didukung oleh ri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) itu akan turut mendorong dan mempromosikan wellness tourism atau wisata kesehatan yang dianggap memiliki potensi besar untuk dikembangkan, terutama selama masa pandemi Covid-19.

Berdasarkan laporan Global Wellness Tourism Economy 2018, Indonesia berada di peringkat ke-17. Di antara daftar 20 besar negara tujuan wellness tourism di 2017, beberapa negara yang peringkatnya lebih tinggi daripada Indonesia antara lain China (peringkat 3), Jepang (peringkat 5), dan Thailand (peringkat 13).

Kekayaan Indonesia, mulai dari rempah-rempah, seni budaya, hingga keramahtamahan dianggap mampu berkontribusi terhadap wisata kesehatan dan aktivitas berbasis alam ini.

IWTIF 2021 diharapkan dapat menjadi ajang promosi wellness tourism Indonesia sebagai top of mind pasar dalam dan luar negeri melalui pemasaran dan penjualan produk dan pelayanan secara virtual sehingga dapat menyumbang nilai ekonomi melalui rempah dan jasa wellness spa Indonesia dengan berbagai multiply effect yang ada.

"Indonesia Wellness Tourism Internasional Festival (IWTIF) diselenggarakan dengan tujuan untuk melestarikan, mempromosikan dan menjadikan ethnowellness di Indonesia sebagai warisan budaya dunia, sehingga potensi budaya melalui produk herbal dan produk wellness UMKM Indonesia bisa dikenal dan dinikmati oleh masyarakat dalam dan luar negeri."

Demikian diungkapkan oleh ketua Panitia IWTIF 2021, Agnes Lourda Hutagalung dalam pembukaan yang diselenggarakan virtual, Rabu (01/09/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejumlah produk wellness akan berpartisipasi dalam IWTIF 2021, termasuk salah satunya produk aromaterapi.UNSPLASH/PRISCILLA DU PREEZ Sejumlah produk wellness akan berpartisipasi dalam IWTIF 2021, termasuk salah satunya produk aromaterapi.
Lalu, apa saja yang akan disajikan dalam kegiatan ini?

Lebih kurang sebanyak 200 UKM/IKM di bidang wellness akan ditampilkan secara virtual melalui berbagai rangkaian kegiatan, yaitu wellness & tourism webinar, wellness training & workshop, online marketplace, hingga brand awarding yang dapat diakses serta dihadiri secara umum melalui website www.iwtif.com.

Seperti tercantum dalam akun Instagram IWTIF, beberapa jenis produk wellness yang dapat ditemui seperti aromaterapi, camilan sehat, kain tradisional, aksesori, lulur, dan lainnya.

Sementara untuk sesi webinar, pada 2 September, misalnya, akan digelar sesi bertema "Ethno Wellness Spa Sebagai Pertahanan Tubuh di Era Pandemi" dan "Apa Itu Aromatherapy?"

Festival ini berskala internasional dengan melibatkan lebih kurang 12 negara bekerjasama dengan KBRI maupun Diaspora yang ada di berbagai negara tersebut dan menargetkan sebanyak 500.000 pengunjung dari lokal dan internasional selama masa penyelenggaraan.

Baca juga: Melihat Potensi Pasar Wisata Kesehatan Global, Bagaimana Posisi Indonesia?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.