Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Mewahnya Deretan Pesawat Pribadi Bill Gates

Kompas.com - 01/09/2021, 14:21 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memiliki jet pribadi untuk bepergian menjadi hobi dan kebanggaan tersendiri bagi para selebritas dan sosialitas masa kini. 

Mereka mengendarainya untuk berlibur, bekerja dan melakukan berbagai aktivitas lainnya. Namun kebiasaan ini tidak ada apa-apanya dibandingkan Bill Gates, miliarder dunia dengan nilai kekayaan 131,6 milliar dollar AS.

Ia selama ini memang dikenal sebagai kolektor mobil balap Porsche, namun siapa sangka minatnya tidak terbatas pada otomotif, tapi juga termasuk pada pesawat pribadi.

Pria yang kini menduduki posisi sebagai orang terkaya keempat di dunia ini diketahui mengoleksi jet pribadi. Tak main-main, ia memiliki beberapa unit pesawat mewah sekaligus dalam daftar aset pribadinya.

Meski kerap terlihat sederhana, namun bagi pengusaha berusia 65 tahun ini memiliki private jet sudah menjadi kebutuhan baginya. Tentunya ini memudahkan kebutuhannya untuk terbang ke mana saja dan kapan saja.

Berikut adalah pesawat jet yang dimiliki oleh founder raksasa teknologi Microsoft ini.

  • Pesawat amfibi Cessna 208 Caravan

Cessna CaravanCessna Cessna Caravan
Bill Gates dilaporkan memiliki satu unit pesawat amfibi Cessna 208 Caravan. Pesawat ini diproduksi oleh pembuat pesawat Amerika Cessna Aircraft Company, yang sekarang menjadi bagian dari Textron Aviation.

Jenis pesawat ini tergolong multifungsi, bisa dipakai untuk perjalanan mewah maupun untuk tujuan kemanusiaan dan kebutuhan militer. Cessna 208 Caravan dapat mencapai kecepatan tertinggi 344 km/jam dan dapat mengangkut 10-14 orang, termasuk kru.

Kendaraan ini dilengkapi dengan mesin turboprop PT6A-114A 675 tenaga kuda. Mampu terbang jarak jauh hingga 1.982 km dan mampu membawa muatan maksimum hingga 1.393 kilogram

Produsen pesawat ini memungkinkan pembeli untuk melakukan custom sesuai keinginannya.

Namun, unsur kenyawan dan kemewahannya amat dionjolkan. Termasuk dengan desain interior 'Oasis', berupa kursi ergonomis dengan tingkat pengerjaan dan desain tertinggi.

Pesawat ini juga tergolong canggih karena dapat ditambahkan teknologi Garmin GSR 56 Iridium Transceiver dan KRA 405B Radar Altimeter.

Jet pribadi ini bisa lepas landas dan didaratkan di hampir semua medan, mulai dari air, kerikil, rumput atau medan kasar lainnya. Tak heran pengusaha kelas atas seperti Bill Gates menyukai pesawat ini.

Baca juga: Mungkinkah Bill Gates Menjadi Triliuner Pertama di Dunia?

  • Gulfstream G650

Gulfstream G650Gulfstream Gulfstream G650
Gulfstream G650 merupakan private jet yang banyak dimiliki oleh orang terkenal dunia termasuk Elon Musk, Oprah Winfrey dan Steven Spielberg.

Bill Gates pun menunjukkan kelasnya dengan memiliki dua pesawat yang disebut sebagai salah satu jet paling mewah ini. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com