Kompas.com - 01/09/2021, 17:47 WIB
Ilustrasi tanaman terung, terong. SHUTTERSTOCK/ALEKSANDR IVASENKOIlustrasi tanaman terung, terong.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Terong ungu tentu tidak asing lagi bagi masyarakat Indoensia. Selain karena warna ungunya yang khas, buah yang sering dianggap sebagai sayuran ini memiliki rasa yang enak jika disulap menjadi berbagai masakan.

Namun, apakah kamu tahu kalau selain rasanya yang enak, terong ungu juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan kita?

Ya, terong mengandung serat, potassium, magnesium, zat besi, vitamin C, dan vitamin B 12. Tak hanya itu, kulitnya kaya anthocyanins, antioksidan dan pigmen alami yang menyebabkan warna buah ini menjadi ungu.

Nah, apa saja manfaat nutrisi yang terkandung dalam terong ungu bagi tubuh kita?
Untuk menjawabnya, simak paparan berikut ini.

Mampu mengalahkan stres oksidatif

Menurut Andrea Mathis, MA, RDN, LD, ahli diet terdaftar sekaligus pendiri Beautiful Eats & Things, karena kulitnya kaya akan anthocyanins, terong ungu dapat menjaga tubuh kita dari stres oksidatif dengan menetralisir radikal bebas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini sangat penting, karena tingginya kadar stres oksidatif dapat menghancurkan sel dan DNA, sehingga memicu berkembangnya kanker, diabetes, atau penyakit jantung.

Anthocyanin utama dalam kulit terong ungu adalah nasunin yang memiliki sifat antioksidan dan dapat membantu meredakan peradangan.

Daging terong juga mengandung antioksidan bernama asam fenolik. Dan menurut penelitian yang diterbitkan Biotechnology Reports, tidak hanya menetralisir radikal bebas, asam fenolik juga merangsang enzim antioksidan pelindung dalam tubuh, membuat terong menjadi makanan antioksidan yang luar biasa.

Baca juga: Yang Perlu Kamu Tahu Soal Menyantap Terong dan Tauge Mentah

Menyehatkan otak

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.