Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/09/2021, 20:40 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Kesukaan pada mobil vintage seperti muscle car Amerika kembali tumbuh. Mobil-mobil tahun 1960-an banyak yang diperbaiki kembali menjadi barang koleksi yang dihargai tinggi.

Beberapa mobil klasik yang jadi favorit antara lain Shelby Cobra dari awal tahun 60-an, Chevrolet Corvette generasi kedua (sekitar tahun 1963 hingga 1967), dan Ford Mustang generasi pertama (sekitar tahun 1964 hingga 1969).

Nah, kepopuleran tiga mobil tersebut menjadi inspirasi Breitling untuk membuat jam tangan baru yang disebut Classic Car Squad. Koleksi kapsul ini menjadi bagian Breitling Top Time Chronographs.

Chevrolet Corvette generasi kedua, Shelby Cobra dari awal tahun 60-an, dan Ford Mustang generasi pertamaBreitling Chevrolet Corvette generasi kedua, Shelby Cobra dari awal tahun 60-an, dan Ford Mustang generasi pertama
Istilah Top Time sendiri merupakan sebutan Breitling untuk arloji edisi terbatas yang terinspirasi oleh kronograf Breitling Top Time tahun 1960-an.

Pada saat itu, Willy Breitling, cucu dari pendiri perusahaan Léon Breitling, mengatakan, "Kami sedang merancang rangkaian kronograf ultramodern yang sesuai dengan kebutuhan para profesional muda dan aktif, yang disebut Top Time.”

Baca juga: Breitling Hidupkan Kembali Warisan Para Pendirinya

Kali ini koleksi Top Time hadir kembali dalam tiga jam yang memiliki warna dial berbeda. Merah untuk arloji yang terinspirasi Corvette, biru untuk Shelby Cobra, dan hijau untuk Mustang, masing-masing dilengkapi logo mobil tersebut pada dialnya.

Namun ini bukan sekedar soal menyematkan logo dan menyamakan warna.

“Ini adalah tentang perjalanan dan sejarah. Ada hubungan kuat antara mobil dengan jam tangan ini, keduanya bisa membuat kita mengagumi kehebatan mesinnya dan keindahan penampilannya,” kata CEO Breitling George Kern dalam acara virtual pada Selasa (31/8/2021).

Top Time Chevrolet Corvette_Ref. A25310241K1X1_RGBfranz j. venzin Top Time Chevrolet Corvette_Ref. A25310241K1X1_RGB
Jam tangan Breitling Chevrolet Corvette berwarna merah dan hitam, diambil dari desain Corvette C2 pertengahan 1960-an, yang sering disebut "Sting Ray" oleh para penggemarnya.

Sedangkan seri Ford Mustang berwarna hijau dan coklat, terinspirasi oleh mobil yang dikembangkan pada tahun 1964, yang memicu perlombaan mobil sport dan menjadi benda ikonik sampai saat ini.

Top Time Ford Mustang_Ref. A25310241L1X1_RGBfranz j. venzin Top Time Ford Mustang_Ref. A25310241L1X1_RGB
Adapun arloji seri Corvette dan Mustang ini memiliki ukuran casing 42 mm dengan mesin jam Breitling Calibre 25 yang bersertifikasi kronometer. Ini adalah mesin jam kronograf self winding berkecepatan 1/8 detik yang memiliki cadangan daya sekitar 42 jam.

Sementara seri Shelby Cobra dihadirkan dengan ukuran casing yang lebih kecil yakni 40mm (karena ukuran mobilnya juga lebih kecil), dengan mesin self winding Breitling Calibre 41 bersertifikasi COSC, dengan kecepatan 1/4 detik dan cadangan daya sekitar 42 jam.

Top Time Shelby Cobra_Ref. A41315A71C1X1_RGBfranz j. venzin Top Time Shelby Cobra_Ref. A41315A71C1X1_RGB
Breitling Shelby Cobra diberi warna biru dan coklat, sebagai penghormatan kepada desain pebalap dan desainer mobil Carroll Shelby, yang menggabungkan mobil Inggris AC Cobra dengan mesin V8 sehingga menjadi mobil balap handal.

Menurut Sylvain Berneron, direktur kreatif Breitling, ke tiga American muscle car ini mewakili semangat dan tenaga Breitling, cocok dengan image Breitling.

"Selain itu, seperti halnya jam tangan klasik, vintage car akan selalu disimpan, dan menjadi semakin berharga," kata Berneron.

Adapun koleksi ini bisa diperoleh dengan harga 5.500 dollar AS atau sekitar Rp 78 juta. Tertarik?

Baca juga: Arloji Eksklusif Breitling dan Bentley Hanya Dibuat 25 Buah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com