Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Bahaya Duduk Terlalu Lama dengan Cara Sederhana

Kompas.com - 02/09/2021, 13:01 WIB
Anya Dellanita,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Duduk terlalu lama memang buruk bagi kesehatan. Sayangnya, karena tuntutan pekerjaan, terkadang kita terpaksa duduk selama berjam-jam.

Menurut penelitian, rata-rata orang duduk lebih dari delapan jam perhari. Kondisi itu diperburuk dengan fakta kita tidak aktif secara fisik. 

Duduk terlalu lama yang dikombinasikan dengan minimnya aktivitas fisik kerap dihubungkan dapat meningkatkan risiko kematian dan beberapa penyakit kronis lainnya.

Melansir Mayo Clinic, terlalu banyak duduk bisa memicu obesitas, peningkatan tekanan darah, kadar gula, dan penumpukan kolesterol. Bahkan, terlalu banyak duduk bisa meningkatkan risio kematian akibat penyakit kardiovaskuler dan kanker.

Dampak langsung dari kebanyakan duduk misalnya gangguan sendi, tubuh terasa kaku dan pegal-pegal.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele Pegal dan Nyeri Otot Kala WFH

Memang, duduk untuk waktu yang lama tidak dapat dihindari bagi mereka yang bekerja di kantor dan harus duduk di depan layar sepanjang hari.

Menurut dokter keluarga Donald Ford, MD, sesibuk apa pun kita, usahakan untuk meluangkan waktu untuk bergerak. Caranya pun sederhana.

"Misalnya, jika kita bekerja di tempat yang memiliki lorong panjang, lebih seringlah berjalan. Atau, carilah tempat parkir yang jauh dari tempat kita bekerja dan pilihlah naik-turun dengan menggunakan tangga," sarannya.

Berjalan-jalan sebentar setiap beberapa waktu dapat melancarkan kembali aliran darah. Jika memungkinkan lakukan peregangan atau gerakan squat, lunge, mau pun push up.

Baca juga: Banyak Duduk di Rumah, Jangan Lupa Lakukan Peregangan

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com