Kompas.com - 02/09/2021, 13:01 WIB

KOMPAS.com – Duduk terlalu lama memang buruk bagi kesehatan. Sayangnya, karena tuntutan pekerjaan, terkadang kita terpaksa duduk selama berjam-jam.

Menurut penelitian, rata-rata orang duduk lebih dari delapan jam perhari. Kondisi itu diperburuk dengan fakta kita tidak aktif secara fisik. 

Duduk terlalu lama yang dikombinasikan dengan minimnya aktivitas fisik kerap dihubungkan dapat meningkatkan risiko kematian dan beberapa penyakit kronis lainnya.

Melansir Mayo Clinic, terlalu banyak duduk bisa memicu obesitas, peningkatan tekanan darah, kadar gula, dan penumpukan kolesterol. Bahkan, terlalu banyak duduk bisa meningkatkan risio kematian akibat penyakit kardiovaskuler dan kanker.

Dampak langsung dari kebanyakan duduk misalnya gangguan sendi, tubuh terasa kaku dan pegal-pegal.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele Pegal dan Nyeri Otot Kala WFH

Memang, duduk untuk waktu yang lama tidak dapat dihindari bagi mereka yang bekerja di kantor dan harus duduk di depan layar sepanjang hari.

Menurut dokter keluarga Donald Ford, MD, sesibuk apa pun kita, usahakan untuk meluangkan waktu untuk bergerak. Caranya pun sederhana.

"Misalnya, jika kita bekerja di tempat yang memiliki lorong panjang, lebih seringlah berjalan. Atau, carilah tempat parkir yang jauh dari tempat kita bekerja dan pilihlah naik-turun dengan menggunakan tangga," sarannya.

Berjalan-jalan sebentar setiap beberapa waktu dapat melancarkan kembali aliran darah. Jika memungkinkan lakukan peregangan atau gerakan squat, lunge, mau pun push up.

Baca juga: Banyak Duduk di Rumah, Jangan Lupa Lakukan Peregangan

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.