Kompas.com - 02/09/2021, 15:12 WIB
Memberikan kesan tenang dan menyenangkan saat bekerja dari rumah dapat memberikan contoh positif pada anak agar tak mengalami kejenuhan  saat belajar online. FREEPIK/MARY MARKEVICHMemberikan kesan tenang dan menyenangkan saat bekerja dari rumah dapat memberikan contoh positif pada anak agar tak mengalami kejenuhan saat belajar online.

KOMPAS.com - Mencari pekerjaan seringkali butuh waktu yang tidak sebentar. Mulai dari proses mengirimkan lamaran, menunggu wawancara, nego gaji, hingga menunggu kabar diterima atau tidaknya.

Di antara periode menunggu itu, kita mungkin tergoda untuk mengisi waktu dengan bersantai di rumah. Namun, para pakar karier menilai cara itu tidak produktif. 

"Jika kita bermalas-malasan, kita mungkin lebih stres menunggu kabar pencarian pekerjaan berlangsung atau hal lain yang mungkin tidak dapat kita kendalikan," jelas Wendi Weiner, pakar karir.

"Namun, jika kita menyibukkan diri, pikiran kita tidak tertuju pada hal-hal yang bisa memicu kecemasan," katanya.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan saat mencari pekerjaan untuk menjaga pikiran tetap tajam, dan memicu kreativitas.

Baca juga: Melamar Pekerjaan Bisa Lewat TikTok, Tertarik?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Pelajari sesuatu yang baru

Sebelum diberhentikan dari pekerjaan, kita mungkin merasa tak punya waktu.  Antara menjadi produktif di kantor, ditambah menjaga komitmen setelah jam kerja, kemungkinan kita tak punya sisa waktu meningkatkan keterampilan profesional.

"Pertimbangkan hikmah dari 'jeda' karier ini," kata Amanda Augustine, pakar karir untuk TopResume.

Dia menyarankan untuk bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan ini:

  • Pernahkah kita melihat job desk terbaru yang dibutuhkan profesi kita atau berbicara dengan orang-orang di bidang yang kita inginkan, dan menyadari ada kesenjangan keterampilan tertentu yang harus kita isi untuk meningkatkan peluang mendapatkan peran yang diinginkan?
  • Apa yang kita kuasai dan apakah bisa lebih baik?
  • Ke mana arah industri yang kita inginkan, dan bagaimana agar bisa tetap kompetitif?

Di masa mencari kerja ini sekaranglah waktunya untuk berinvestasi mengembangkan skill dengan kursus online atau program sertifikasi. 

Baca juga: 5 Cara Lebih Mahir Bahasa Inggris Tanpa Kursus

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber realsimple
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.